Menurut Ahli, Makan Pedas Sebelum Tidur Ternyata Bisa Mengundang Mimpi Buruk

JAKARTA, MENARA62.COM — Saat hendak beranjak tidur, kadang rasa lapar tahu-tahu menghampiri. Kita pun mulai menimbang menu apa yang sebaiknya disantap agar perut tidak keroncongan. Minum susu sebelum tidur kerap kali menjadi pilihan karena katanya bisa membuat tidur lebih nyenyak. Rupanya ini bukan isapan jempol belaka karena makanan tertentu nyatanya memang dapat memengaruhi kualitas tidur Anda.

Jenis makanan lain yang dapat memengaruhi kualitas tidur Anda adalah makanan pedas. Berkebalikan dengan susu, mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur justru bisa membuat Anda susah tidur atau bahkan mimpi buruk.

Mengapa makanan bisa memengaruhi kualitas tidur?

Ketika memejamkan mata, biasanya Anda tak akan langsung tertidur pulas. Ada beberapa tahapan tidur yang Anda lalui sampai akhirnya tertidur pulas. Tahap pertama tidur disebut dengan tidur “ayam”. Anda mungkin masih setengah sadar dan bisa mendengar sedikit-sedikit suara di sekitar Anda. Selanjutnya masuklah ke tahap yang lebih dalam, tapi belum begitu pulas. Pada saat ini aktivitas otak mulai melambat. Barulah tahap ketiga Anda tertidur pulas.

Tahapan tidur tidak berhenti di tahap ketiga. Terdapat tahap keempat yang disebut REM (rapid eye movement), di mana Anda biasanya mulai bermimpi. Ini karena pada tahap REM, otak yang tadinya melambat kembali aktif. Namun, otot-otot Anda tetap melemas dan beristirahat.

Pada tahap REM inilah biasanya otak akan bereaksi terhadap makanan yang dikonsumsi sebelum Anda tidur sebab fase ini terjadi kira-kira 90 menit setelah tahap tidur “ayam”. Pada saat ini pula makanan yang tadi Anda makan mulai dicerna dan diserap oleh tubuh. Maka, beragam zat dan kandungan dalam makanan pun mulai bereaksi dalam tubuh.

Apakah makanan pedas bisa membawa mimpi buruk?

Menurut dr. Charles Bae, seorang pakar gangguan tidur dari Cleveland Clinic di Amerika Serikat, mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur akan memicu proses metabolisme serta meningkatkan suhu tubuh. Proses metabolisme dan peningkatan suhu menyebabkan aktivitas otak bertambah, padahal otot dan tubuh Anda sedang beristirahat.

Otak kemudian akan menerima sinyal dari sistem pencernaan bahwa tubuh Anda harus berjuang lebih keras untuk menurunkan suhu tubuh dan menetralkan pedas di lambung. Sinyal itu diartikan oleh otak sebagai ancaman atau gangguan, yang kemudian ditafsirkan oleh kesadaran Anda sebagai mimpi buruk.

Bolehkah makan pedas sebelum tidur?

Apabila Anda memiliki gangguan pencernaan atau tidak biasa makan pedas, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur. Seorang ahli psikologi klinis dari University of Chicago Hospital, Lisa Medalie, menganjurkan untuk menghindari makanan pedas setidaknya dua sampai tiga jam sebelum tidur. Apabila Anda makan pedas, tunggulah selama kurang lebih tiga jam sebelum berangkat tidur. Gunanya adalah memberi kesempatan bagi sistem pencernaan untuk menetralkan pedas dan mengembalikan suhu tubuh Anda. (hellosehat.com)