1.000 Pemuda Ikuti Youth Town Hall Nasional 2019

youth town hall
Menko PMK Puan Maharani didampingi Menkes Nila F Moeloek dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrawi membuka Youth Town Hall Nasional 2019

JAKARTA, MENARA62.COM – Lebih dari 1.000 pemuda dari berbagai wilayah di Tanah Air berkumpul dalam ajang Youth Town Hall Nasional, Kamis (21/3). Kegiatan yang digagas Kementerian Kesehatan RI bersama Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan dibantu Central Indonesia’s Strategic Development Initiative (CISDI) tersebut dibuka resmi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.

Dalam sambutannya Puan meminta agar pemuda mengambil peran aktif dalam proses pembangunan bangsa.

“Banyak pekerjaan rumah terkait pembangunan nasional yang belum bisa kita selesaikan dan itu membutuhkan peran pemuda,” kata Puan.

Ia juga meminta agar pemuda meningkatkan persatuan agar tidak mudah diadu domba. Terutama menjelang digelarnya pesta demokrasi pada 17 April mendatang.

Menurutnya pilihan boleh berbeda tetapi janganlah pesta demokrasi menjadikan pemuda bermusuhan. Persatuan dan kepentingan bangsa harus dinomor satukan agar Indonesia tetap tegak berdiri sebagai NKRI.

Senada juga dikatakan Menkes Nila F Moeloek. Ia mengatakan pemuda memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional. Dengan jumlah mencapai 63 juta pada 2020-2030, maka Indonesia akan memasuki era bonus demografi.

“Ada 26 persen penduduk usia produktif dan itu harus dikelola dengan benar agar memberi manfaat bagi bangsa dan Negara. Tidak malah sebaliknya menjadi beban Negara,” kata Menkes.

Menkes Nila mengatakan acara ini melibatkan seribuan pemuda dari daerah-daerah di Indonesia. Diharapkan dari acara ini dapat diketahui berbagai aspirasi terkait dunia pemuda.

“Kami harapkan akan ada umpan balik, kami ingin mendengarkan suara dari berbagai perspektif,” kata Menkes.

Selain itu, Menkes pun mengharapkan menghasilkan mekanisme keterlibatan pemuda yang ada dalam pembangunan kesehatan.

Untuk melibatkan pemuda dalam pembangunan kesehatan, pemuda Indonesia dalam waktu dekat ini harus dibuktikan dengan tercapainya bonus demografi 2020-2030. Bonus demografi akan memberikan dampak positif bagi negara Indonesia, karena itu perlu menjaga kualitas kesehatan pemuda.

Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrawi mengaku bangga berada di dalam forum ini. Ia menantang kepada seribuan pemuda yang hadir untuk menempati posisinya sebagai Menteri Pemuda dan Olah Raga kelak.

Imam Nahrawi tidak lupa mengingatkan pemuda untuk rajin mengkampanyekan Germas untuk menjadi bangsa sehat.

“Salah satu semangat dari Germas itu bagaimana menggerakkan kita semua sebagai bangsa ini tidak hanya psikis tapi fisik juga penting,” katanya.

Sebelumnya, Youth Town Hall telah diadakan tingkat Regional Asia Tenggara melibatkan pemuda perwakilan dari 11 negara anggota WHO (SEAR). Hari ini Youth Town Hall digelar di tingkat nasional.