Siswa SMK Muhammadiyah Bahaur Pulang Pisau Ikut UNBK 2019
Siswa SMK Muhammadiyah Bahaur Pulang Pisau Ikut UNBK 2019

PULANG PISAU, MENARA62 — Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk jenjang SMK di Kalimantan Tengah, dimulai serentak, Senin (25/3/2019). UNBK ini juga diikuti siswa SMK Muhammadiyah Bahaur. Sekolah ini, merupakan satu-satunya sekolah Kejuruan yang ada di Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang Pisau.

UNBK dimulai tanggal 25 Maret sampai dengan 28 Maret 2019. UNBK yang diikuti 9 siswa SMK Muhammadiyah Bahaur dan 14 siswa SMK Negeri 1 Sebangau Kuala ini, merupakan UNBK yang kedua kalinya dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Bahaur.

Berbeda dengan ujian Pelaksanaan Ujian Nasional Kertas Pensil, UNBK ini digelar dalam 2 sesi, karena siswa menggunakan komputer secara bergantian.

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Bahaur Ahmad Rosadi SPd mengatakan, ini adalah tahun kedua pelaksanaan UNBK. “Kami telah melakukan persiapan sejak awal termasuk kontrol dan mengganti kabel-kabel jaringan dan socket yang sudah tidak berfungsi, juga meminjam perangkat laptop dari Dewan Guru untuk memenuhi kekurangan perangkat komputer yang sudah ada,” ujarnya.

Ahmad bersyukur pelaksanaan UNBK hari pertama berjalan lancar. “Alhamdulillah UNBK hari pertama berjalan dengan lancar dan kondusif, koneksi server pusat tidak ada kendala , dan belajar dari pengalaman tahun lalu, persiapan UNBK kali ini bisa lebih baik, semoga tidak ada kendala teknis sampai ujian berakhir, bahkan kami juga dipinjami Genset dari PLN sehingga jika terkendala gangguan listrik, UNBK bisa tetap berlanjut,” ujarnya.

SMK Muhammadiyah bahaur merupakan satu-satunya SMK yang ada di Kecamatan Kahayan Kuala dan memiliki fasilitas yang memadai untuk mengembangkan minat dan bakat dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang berkembang di zaman ini.
Salah satu jurusan unggulan yang dimiliki SMK Muhammadiyah Bahaur adalah Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, yaitu teknik yang mempelajari cara instalasi PC, LAN, dan mempelajari program-program Komputer.