UNBK Hilangkan 99 Persen Kecurangan Ujian Nasional

Internet di Sekolah
Foto dokumen: Seorang teknisi (kiri) membetulkan jaringan internet saat sejumlah siswa mengikuti sosialisasi Ujian Nasional (UN) Computer Based Test (CBT) di SMK Negeri 3 Kota Madiun, Jatim. (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

YOGYAKARTA, MENARA62.COM – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berhasil menghilangkan 99 persen kecurangan dari ujian nasional yang selama ini banyak terjadi. Hal tersebut dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat meninjau UNBK untuk SMK di Yogyakarta, Senin (25/3/2019).

“Dengan UNBK ini, soal satu dengan yang lain tidak sama. Dan hampir empat tahun UNBK ini, menghilangkan 99 persen kecurangan,” katanya dikutip dari Antara.

Muhadjir mengatakan Ujian Nasional (UN) saat ini memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi karena UNBK berhasil menghilangkan kecurangan dalam ujian. Padahal sebelum diberlakukan UNBK, kecurangan yang ditemukan pada pelaksanaan UN bersifat sistemik dan terstruktur.

UNBK, menurut dia, juga meningkatkan kepercayaan diri siswa karena hasilnya diakui oleh publik maupun lembaga terkait.

“Karena UN dijamin kejujurannya. Itu karena memang kita fokus pada kejujuran dulu, baru sekarang secara bertahap kita benahi aspek kualitas UN,” ia menambahkan.

Sebanyak 1.524.104 murid Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengikuti Ujian Nasional mulai Senin.

Ujian Nasional tingkat SMK berlangsung 25 Maret hingga 28 Maret, dan mencakup mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan. Hingga 99,5 persen ujian nasional tingkat SMK dilakukan berbasis komputer.