Ikut Lestarikan Budaya, FAI UHAMKA Kembali Gelar Ratoh Jaroe Festival

uhamka
Peserta tengah unjuk kebolehan dalam Ratoh Jaroe Festival 6 yang digelar FAI UHAMKA. (ist)

JAKARTA, MENARA62.COM – Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (FAI UHAMKA) gelar Ratoh Jaroe Festival (Rajofest) 6, Sabtu (20/4). Even yang berlangsung di kampus UHAMKA Limau Kebayoran Baru, Jaksel tersebut diikuti oleh 33 tim dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

Dalam keterangan persnya, Dekan Fakultas Agama Islam UHAMKA Fitriliza MA mengatakan Ratoh Jaroe Festival menjadi bagian dari upaya melestarikan budaya Indonesia yang dilakukan oleh UHAMKA secara rutin. Tari ini dipilih karena mengandung unsur kebersamaan, kekompakan dan mengangkat tari-tarian tradisional yang ada di Aceh seperti tarian Ratep Meuseukat, Likok Pulo, Rapai Geleng, Ratok Duk, Ratoh Dong dan lainnya.

“Tari asal Aceh ini merupakan kreasi gabungan tarian yang dimainkan oleh penari perempuan berjumlah genap. Gerakan tari Ratoh Jaroe mengandung unsur kebersamaan dan kekompakan,” kata Fitriliza, Senin (22/4).

uhamka
Penjurian Ratoh Jaroe Festival 6 yang digelar FAI UHAMKA. (ist)

Tari Ratoh Jaroe lanjut Fitriliza, dinilai sebagai simbol selamat datang dan juga menunjukkan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang ramah. Tari Ratoh Jaroe ini juga terpilih sebagai tarian pembuka Asian Games.

Mengambil tema “Tajaga Ngon Tapeulestari Budaya Aceh Dengon Ratoh Jaroe Festival”, Rajoefest 6 kali ini melibatkan 33 tim tari dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi. Tidak hanya penampilan dari peserta lomba pada acara ini juga memberikan penampilan special dari Paling Sabi.

Adapun pemenang dari lomba tari Ratoh Jaroe ini untuk level pendidikan tinggi, juara pertama diraih FKIP UHAMKA, disusul oleh tim dari UNTIRTA sebagai juara 2 dan UIN Syarief Hidayatullah sebagai juara 3. Untuk tingkat SMA juara pertama diraih tim dari SMAN 107 Jakarta, juara II diraih tim dari SMA 3 Tangsel dan juara 3 diraih tim dari SMA Permata Insani.

Sedang untuk tingkat SMP, juara pertama diraih tim dari SMP Sinar Cendekia, disusul oleh SMP Amalia pada urutan ke-2 dan SMP 1 Tangerang pada urutan ke-3.