UHAMKA Jalin Kerjasama dengan Tiga Universitas di Uzbekistan

uhamka
Rektor UHAMKA Prof. Gunawan Suryoputro berfoto bersama tiga rektor universitas di Uzbekistan usai menandatangani kesepahaman kerjasama. (ist)

JAKARTA, MENARA62.COM – Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka (UHAMKA) menjalin kerjasama international dengan  tiga universitas  negeri di Uzbekistan. Tiga universitas tersebut adalah Taskent State University  of Economics Uzbekistan,  Bukhara State University, dan Sild Road University.

Di negara kelahiran dan wafatnya ulama besar Imam Bukhori tersebut, Rektor UHAMKA Prof. Gunawan Suryoputro menandatangani  memorandum of understanding (MoU)  dengan Rektor Bukhara State University. Dr. Khamidov Obidjon. Kemudian dilanjutkan dengan Rektor Taskent State University of Economic University Uzbekistan Xodiev Baxodir Yunusovich, Serra. Selanjutnya MoU juga ditandatangani  dengan Rektor Silkroad International University of Tpuridm, Prof. Dr. Bahodir Turaev.

uhamka
Rektor UHAMKA Gunawan Suryoputro berfoto bersama Rektor Taskent State University of Economic University Uzbekistan Xodiev Baxodir Yunusovich. (ist)

Dalam siaran persnya, Rektor UHAMKA menjelaskan bahwa kunjungan kerjasama international yang lakukan tanggal 19 – 24 April 2019 tersebut di dampingi oleh Kepala LLDIKTI Wilayah III, Dr. Ir.  Illah Sailah, MS. Tujuannya adalah menjalin kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan publikasi.

“Hal ini dilakukan karena tiga universitas di Uzbekistan tersebut dinilai mulai berkembang dan mereka berkeinginan untuk menjalin kerjasama dengan Indonesia yang memiliki penduduk muslim besar di dunia,” jelas Rektor, Senin (23/4/2019).

Adapun bentuk-bentuk realisasi kerjasama antar universitas adalah pertama berbentuk studi lanjut dosen dan student mobility. Bentuk kerjasama kedua adalah riset berupa kolaborasi riset, dan ketiga adalah konferensi dan publikasi.

uhamka
Rektor UHAMKA Prof. Gunawan Suryoputro menandatangani MoU dengan Rektor Bukhara State University. Dr. Khamidov Obidjon. (ist)

Melalui kerjasama international dengan tiga universitas negeri Uzbekistan, dengan demikian UHAMKA menambah jaringan kerjasama tidak hanya  beberapa negara Eropa, Amerika, Australia dan Asia Tenggara tapi juga ke negara Asia Tengah. Dengan demikan meningkatkan dan  menguatkan mutu akademik, riset dan publikasi international UHAMKA.