Juve Mau Memulai Sejarah Baru

Selama 116 tahun zebra hitam putih, Mau Diganti

Juve Mau Memulai Sejarah Baru
Juve Mau Memulai Sejarah Baru

Tidak mudah mengubah identitas. Apalagi, identitas itu sudah melekat, bahkan sudah digunakan lebih dari seratus tahun. Tapi itulah yang dilakukan Juve, klub sepakbola Juventus.

Klub yang didirikan oleh sekelompok mahasiswa pada 1897. Klub sepak bola profesional Italia yang berbasis di Turin, Piedmont. Klub yang bernama resmi Juventus Football Club S.p.A. Klub yang menyabet gelar Liga Italia 2018-2019. Lebih hebat lagi, juara liga ini diraihnya selama delapan kali berturut-turut.

Pertama emblem klub yang memuat gambar banteng yang diubah, sehingga tinggal huruf J putih berlatar belakang hitam. Dua tahun setelah itu, Juventus bersiap melakukan perubahan lebih besar pada tradisi mereka, dengan menyingkirkan kostum hitam putih belang yang sudah 116 tahun menjadi ciri khasnya.

Antara melansir, Gazzetta dello Sport dan sejumlah feed media sosial, Rabu (24/4/2019) waktu Italia, menyiarkan bocoran foto belang-belang corak baru yang mulai dipakai musim 2019/2020 nanti. Kostum Juve nanti akan separuh hitam dan separuh putih. Kedua warna itu dipisahkan oleh garis tipis berwarna merah muda.

Juventus enggan mengonfirmasi perubahan kit itu. “Kami tak pernah mengomentari bocoran atau rumor,” kata juru bicara klub ini kepada Reuters.

Tetapi foto yang memperlihatkan kostum yang dikenakan pemain-pemain inti seperti Paulo Dybala dan Federico Bernardeschi itu dengan cepat memicu kontroversi.

Blog berbahasa Inggris “Black and White and Read All Over” menyebutkan, perubahan itu mengartikan Juventus akan menanggalkan sejarah mereka selama satu tahun, dengan tujuan lebih menegaskan citra fesyen mereka.

Merah muda

Juventus, awalnya bermain dengan kostum warna merah muda yang segera ditinggalkan karena ternyata mirip dengan Palermo, yang juga mengenakan warna merah muda sampai sekarang.

Salah satu pemain Juventus, orang Inggris bernama John Savage, memiliki kaitan dengan Notts County, dan pada 1903 meminta klub Inggris ini mencarikan kostum pengganti untuk mereka. Klub Inggris itu menyanggupi. Dan sejak itu, Juventus bermain dengan mengenakan kostum belang hitam putih seperti kuda zebra.