uhamka
Prof Danova berfoto bersama Rektor UHAMKA Prof Gunawan Suryoputro. (ist)

JAKARTA, MENARA62.COM – Pakar Studi Media dan Literatur Amerika dari Sofia University St Kliment Ohridski, Prof. Dr. Medeline Danova menjadi dosen tamu di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA). Melalui program Visiting Professor dari Bulgaria, kedatangan Prof. Danova diterima langsung oleh Rektor UHAMKA Prof. Gunawan Suryoputro pada 29 April 2019 lalu di kampus F UHAMKA lantai IV.

Prof Danova berada di UHAMKA selama 10 hari yakni 25 April hingga 5 Mei 2019 atas dukungan dari Program Erasmus+ Staff Mobility. Selama di UHAMKA, ia berkesempatan memberikan materi seminar dan menyampaikan kuliah di jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), Pendidikan Bahasa Inggris dan Ilmu Komunikasi.

Penyampaian materi kuliah untuk mahasiswa dan dosen PG PAUD dilaksanakan sehari setelah diterima oleh Rektor yakni tanggal 30 April 2019. Dalam kesempatan tersebut Prof Danova menyampaikan materi kuliah mengenai Media Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini.

uhamka
Prof Danova saat mengunjungi PAUD Labschool UHAMKA. (ist)

“Media pembelajaran saat ini harus berkembang mengikuti jaman, walaupun kemajuannya bersifat konservatif,” paparnya.

Usai memberikan kuliah, ia berkesempatan mengunjungi PAUD Permata UHAMKA. Kehadiran Prof Danova di PAUD tersebut disambut dengan tarian tradisional Sumatera Barat oleh peserta didik di PAUD Labschool.

Pada 2 Mei bertepatan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Prof. Danova menjadi pembicara seminar yang digelar Program Pendidikan Bahasa Inggris bertema “Cross culture Understanding Course”. Dalam seminar tersebut hadir narasumber lain Norie Ito sensei dari Tottori University, dan Dr Ai Fatimah UHAMKA.

Kegiatan seminar tersebut diadakan di Aula Lab Seni dan Budaya FKIP UHAMKA. Professor Danova menyatakan bagaimana komunikasi lintas budaya secara teoritis, dan praktis. Sedangkan Dr. Ai Fatimah dari UHAMKA menyampaikan beberapa fenomena keberislaman di Eropa yang khas, dan tidak mungkin dilaksanakan di Indonesia. Misalnya fatwa men-jamak Isya dengan Subuh. Sedang Norie Ito sensei mendeskripsikan bagaimana budaya Jepang, terutama pada aspek pendidikannya.

uhamka
Prof Danova berfoto bersama usai menjadi pembicara dalam seminar Cross culture Understanding Course” di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. (ist)

Usai menjadi pembicara pada seminar yang digelar Prodi Bahasa Inggris, Prof. Danova berkesempatan membahas kelebihan dan kekurangan mmedia baru serta dampak teknologi bagi kehidupan manusia terutama dalam lingkungan kerja kekinian. Hal tersebut disampaikan pada acara yang digelar Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UHAMKA, 3 Mei 2019.

Kedatangan Prof. Danova dibiayai oleh Program Erasmus+ Mobility Programme di tahun akademik 2018/2019. Pada semester gasal, telah dikirim 2 mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris ke Sofia University untuk kegiatan yang sama, sebagai mahasiswa pertukaran “credit transfer”, selama 5 bulan. Mereka adalah Jemi Penni dan Ayu Harfiah Sundari.