uhamka
Drs Dede Hasanuddin, dosen UHAMKA berfoto bersama para penerima penghargaan lainnya pada penutupan KKN Merajut Nusantara II. (ist)

JAKARTA, MENARA62.COM – Dosen Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Drs. Dede Hasanuddin, M.Hum terpilih sebagai Dosen Pendamping Terbaik dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Merajut Nusantara II yang berlangsung di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat 11-24 Maret 2019. Dede dalam KKN tersebut bertugas mendampingi para mahasiswa di kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Ilah Sailah bersamaan dengan penutupan kegiatan KKN Tematik Merajut Nusantara II di Kampus Universitas Dr Moestopo (Beragama), Kamis (9/5).

BACA JUGA:

“Hari ini bahagia tak terhingga saya rasakan. Tepat 30 tahun mengabdi di UHAMKA, nama saya dipanggil ke podium untuk mendapatkan ucapan selamat dari Kepala LLDIKTI Wilayah III Ibu Ilah sebagai Dosen Pendamping Terbaik KKN Tematik Merajut Nusantara II,” ujar Dede.

Dede terpilih dari 239 peserta yang berasal dari 35 perguruan tinggi se-Jabodetabek dan Bandung. Selain itu terpilih pula dosen dari Universitas Islam Asyafiiyah (UIA)  dan dosen dari Universitas Bhayangkara.

uhamka
Drs Dede Hasanudin saat menerima penghargaan dari Kepala LLDIKTI Ilah Sailah. (ist)

LLDIKTI Wilayah III juga menetapkan mahasiswa dari Universitas Al Kamal, UAI dan Leprindo sebagai peserta KKN terbaik.

Dede sendiri bertugas mendampingi mahasiswa di Desa Kalimantan, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalbar. Ia bertugas untuk mengatasi persoalan pendidikan dimana di desa Kalimantan, 90 persen penduduknya buta aksara.

Desa Kalimantan sendiri menjadi salah satu dari 8 desa yang ada di kecamatan Paloh. Wilayah tersebut merupakan wilayah yang terletak di perbatasan antara Indonesia-Malaysia.

kkn
Di Desa Kalimantan ini, mahasiswa dan dosen UHAMKA bahu membahu mengajarkan tentang pentingnya sekolah. (ist)