mudik
Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, dr. Anung Sugihantono secara simbolis menyerahkan bantuan logistik bagi pemudik. (ist)

JAKARTA, MENARA62.COM – Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit endimik selama arus mudik, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) aktifkan thermal scanner di bandara dan pelabuhan. Alat ini berfungsi mendeteksi penyebaran virus dan penyakit lainnya akibat mobilisasi masyarakat dalam jumlah besar.

“Di bandara dan pelabuhan kita sudah memasang thermal scanner. Di sini kami memang menaruh perhatian pada transportasi yang berasal dari daerah-daerah yang mempunyai risiko terhadap penyakit endemik, seperti malaria dari Papua, dan NTT. Jadi akan kami lakukan pemeriksaan, kalau positif akan diobati dulu,” ungkap Dirjen P2P, dr.Anung Sugihantono, M. Kes pekan lalu.

Ia juga mengaku sejauh ini otoritas di bandara maupun di pelabuhan sudah memberikan pelayanan yang sangat memadai, seperti menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pemantauan kesiapan posko dan pelayanan kesehatan di sepanjang jalur mudik lebaran tahun 2019 mulai dari Surabaya hingga Semarang. Pemantauan mulai dilakukan dengan meninjau kesiapan posko dan pelayanan kesehatan yang berada di Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya yang selanjutnya melakukan peninjauan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Secara simbolis Dirjen Anung turut serta memberikan bantuan logistik berupa masker, bingkisan, higiene kit dan polybag. Pemantauan dilanjutkan pemantauannya dengan melakukan peninjauan di Rest Area SPBU Tebaloan Kabupaten Gresik.

Rest Area tersebut dilengkapi dengan fasilitas pelayanan bagi pemudik seperti ruang kesehatan, ruang layanan lalu lintas, ruang istirahat bagi pemudik termasuk fasilitas hiburan. Pengelolaan rest area ini dikelola oleh Polres Gresik dengan mendapat dukungan dari berbagai sponsor terkait.

Selanjutnya dr. Anung melakukan pemantauan ke Posko Terpadu Tahun 2019 di rest area Tuban yang dikelola oleh Polres Tuban. Rest area ini tidak kalah bagus dan uniknya. Dirjen P2P berkesempatan melakukan pemantauan untuk menuliskan testimoninya bahwa Posko ini terbaik.

“Posko ini dilengkapi fasilitas informasi, layanan lalu lintas, ruang kesehatan, layanan pijat gratis, ruang bermain anak, ruang laktasi, ruang hiburan, dan sebagainya. Saat masuk pengunjung langsung disambut oleh para pahlawan Avengers. Kemungkinan pada pelaksanaan Arus Mudik Lebaran tahun depan juga akan ditambah karakter pahlawan seperti Gatot Kaca dan Brama Kumbara,” ujar Dirjen P2P, dr. Anung.