JAKARTA, MENARA62.COM — Mempertahankan sebuah hubungan asmara bukanlah sebuah perkara mudah. Dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan lebih agar hubungan yang sudah dijalin selama bertahun-tahun bisa langgeng sampai ke jenjang berikutnya. Pertengkaran adalah hal yang wajar dalam sebuah hubungan asmara, terlebih saat keduanya tak ada yang mau mengalah

Namun, bukan hal yang tidak mungkin untuk kamu dan pasangan menciptakan momen bahagia dan membangun jalinan cinta yang selalu hangat. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan bersama pasangan untuk menjalani hubungan yang harmonis. Lantas, apa saja caranya? Berikut 5 cara dapat membuat hubungan langgeng.

  1. Bersikap dan berpikir positif

Tak bisa dipungkiri, kekuatan dari berpikir positif akan menghasilkan hubungan yang sukses. Bahkan kalau sedang ada masalah di antara kalian, kamu harus selalu berpikir positif atau membayangkan momen-momen indah yang pernah dirajut bersama pasangan. Misalnya membayangkan indahnya semasa liburan di Jogja. Atau, kalau perlu kamu bisa mengajak pasangan untuk kembali liburan dan datang langsung ke Malioboro di Jogja untuk bernostalgia.

  1. Baik hati selama ada konflik

Perbedaan pendapat dalam sebuah hubungan adalah hal yang wajar. Kamu mungkin tidak setuju dengan pendapat pasangan, tapi jangan sampai hal ini membuat hubungan kamu dan pasangan menjadi renggang. Ketika ada konflik, cobalah untuk tetap mengalah dan berbaik hati selama masalah tersebut tidak begitu pelik.

Sabar adalah kunci untuk membantu melonggarkan ketegangan yang terjadi di antara kalian. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan meningkatkan rasa humor agar hubungan kalian tetap harmonis.

  1. Memberikan ruang pada pasangan

Jangan menjadi pasangan yang protektif apalagi posesif karena hal ini hanya akan membuat pasangan merasa tidak nyaman. Sebaliknya, jadilah pasangan yang pengertian dan memberikan pasanganmu sebuah ruang untuk sendiri. Yap, memberikan ruang pada pasangan untuk melakukan hal yang ia suka adalah cara terbaik untuk membuat hubungan menjadi langgeng.

Pasti ada kalanya saat kamu ingin merasa sendiri dan tak ingin diganggu walau dengan kekasih sekali pun. Begitu pun dengan pasanganmu. Oleh sebab itu, berikan ia ruang ketika pasangan sedang membutuhkannya. Dengan begini, kamu dan pasangan bisa saling memahami dan mengerti kondisi satu sama lain.

  1. Selera humor

Dalam sebuah penelitian, telah disebutkan bahwa humor dapat membawa keberuntungan pada sebuah hubungan. Sebuah studi pada 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Personal Relationships juga menemukan pasangan yang tertawa bersama biasanya lebih puas dalam hubungan mereka secara keseluruhan.

Untuk itu, isilah hari-hari kamu dan pasangan dengan canda tawa. Kalau bisa, tingkatkan selera humormu agar bisa menghibur pasangan ketika ia sedang merasa sedih. Namun tetap diingat kalau ada kalanya kamu harus menahan humor saat sedang menghadapi masalah yang cukup genting bersama pasangan.

  1. Menerima dan memaafkan

Poin ini memang bisa dibilang sangat sulit untuk dilakukan tapi terpaksa harus dilakukan demi mempertahankan hubungan asmaramu. Ketika kamu menerima pasangan apa adanya, hubungan cenderung harmonis dan jauh dari konflik. Selain menerima semua kekurangannya, kamu juga harus bisa memaafkan pasangan ketika hubungan sedang dilanda masalah.

Selama masalah yang terjadi tidak parah, tak ada salahnya untuk memaafkannya. Terus-terusan memperdebatkan masalah yang itu-itu saja juga tidak akan menghasilkan sebuah solusi melainkan hanya akan membuat situasi semakin runyam. Jadi, cobalah untuk menjadi pemaaf agar hubungan tetap awet.

Itu dia sederet cara yang bisa kamu lakukan demi membuat hubungan langgeng. Selamat mencoba!