7 Tips Mudah Saat Beraktivitas untuk Menjaga Kesehatan Mata

JAKARTA, MENARA62.COM — Rutinitas sehari-hari terkadang membuat kamu kurang memperhatikan kondisi tubuh yang menurun. Meskipun penglihatan mulai lelah, kadang tidak terasa karena kamu hanya fokus terhadap aktivitas yang dilakukan setiap hari. Tidak terbatas pada aktivitas bekerja di kantor, tetapi juga rutinitas untuk bersosialisasi dengan lingkungan, komunitas, dan teman-teman.

Tidak semua orang rutin melakukan pemeriksaan mata. Jika banyak orang rutin melakukan general check-up, pemeriksaan mata seharusnya juga dilakukan secara khusus. Ya, dengan beragam aktivitas yang kamu lakukan di masa kini, kamu pasti tidak terlepas dari layar gadget yang bikin mata lelah. Nah, berikut ini tips menjaga kesehatan mata yang bisa kamu lakukan.

  1. Luangkan waktu istirahat

Pengelihatan kamu tidak hanya lelah karena menatap layar monitor terlalu lama. Memeriksa tumpukan dokumen atau membaca sumber riset juga membuat matamu lelah. Oleh karena itu, kamu harus menyempatkan diri untuk mengistirahatkan mata agar tidak terlalu lelah. Setiap beberapa jam sekali, sempatkanlah untuk memejamkan mata sejenak dan jadikan sebagai hal rutin.

  1. Pakai kacamata blue-light

Nah, buat kamu yang memang sering menggunakan monitor untuk bekerja atau menikmati hiburan, lebih baik pakai kacamata dengan pelindung blue-light. Jadi, kamu bisa mengurangi risiko iritasi mata meskipun baru beli game voucher dan mencoba banyak game untuk waktu yang lebih lama dari biasanya. Ya, kadang kalau lagi seru-serunya beli game dari daftar wishlist, bisa lupa waktu.

  1. Luangkan waktu di luar ruangan

Aktivitas yang dilakukan di dalam ruangan juga memicu penglihatan cepat lelah. Matamu jadi fokus pada barang-barang yang jaraknya memang dekat. Nah, sempatkanlah untuk keluar dari ruangan sejenak dan biasakan matamu untuk melihat objek dengan jarak yang lebih jauh. Lebih bagus lagi kalau di dekat lingkunganmu terdapat pepohonan hijau yang bisa membuat mata lebih rileks.

  1. Konsumsi makanan bernutrisi

Selain asupan fisik, kamu juga perlu mengoptimalkan asupan nutrisi di dalam tubuh. Jangan lewatkan konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, betakarotin, dan asam lemak omega 3. Kandungan nutrisi tersebut bisa didapatkan dari sayuran hijau, kacang-kacangan, dan buah citrus. Nah, pastikan kamu mengonsumsi jumlah makanan yang seimbang ya.

  1. Berkedip lebih sering

Secara tidak sadar, mungkin kamu jarang mengedipkan mata saat sedang terlalu fokus terhadap sesuatu. Nah, kamu bisa menambah intensitas berkedip agar mata tidak terlalu kering. Mengedipkan mata bisa mengaktifkan kelenjar minyak yang bisa menjadi pelindung pada kelopak mata. Jadi, kamu bisa mulai dengan mengedipkan mata beberapa kali saat sedang ke kamar mandi, saat mengambil air minum, atau rutinitas singkat lainnya.

  1. Hindari asap

Risiko penyakit mata juga bisa disebabkan oleh bahaya dari asap. Nah, kalau kamu banyak bergaul di lingkungan yang dipenuhi asap rokok, hal ini bisa cukup berpengaruh pada kesehatan mata. Meskipun kami perokok pasif, asap rokok yang bergumul di udara bisa menyebabkan iritasi pada mata dan bahkan berpotensi memicu katarak. Saatnya bijak memilih lingkungan tempat beraktivitas ya.

  1. Pakai kacamata hitam

Paparan sinar ultraviolet (UV) tidak hanya berbahaya bagi kulit, tetapi juga penglihatan. Kamu bisa saja membawa kacamata hitam selama beraktivitas di luar ruangan. Menggunakan kacamata hitam bisa melindungi mata dari sinar UV. Jadi, sering-sering bawa kacamata hitam untuk melindungi penglihatan kamu agar tetap sehat.

Yuk, lindungi mata kamu agar tetap sehat dengan melakukan langkah-langkah pencegahan dan perawatan yang mudah. Selain itu, tetap pastikan kau mengecek ke dokter mata secara rutin ya.