haji
Sebagian jamaah haji Indonesia tiba di madinah.( ist/mch)

MADINAH, MENARA62.COM – Hari ke-6, sudah 64 kelompok terbang (kloter) dengan total jamaah berjumlah 26.007 jamaah haji Indonesia tiba di Madinah. Mereka akan berada di Madinah selama 8 hingga 9 hari untuk melaksanakan Arbain atau shalat 40 waktu tanpa terputus di masjid Nabawi.

Dilansir Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) tercatat ada 3 jamaah meninggal dunia. Mereka adalah Khairil Abbas Salim (BTH 2), Mudjahid Damanhuri Mangun (SOC 4)  Sumiyatun Suwikromo Sutardjan (SOC 2).

Cuaca Madinah dilaporkan berkisar antara 35 – 45 derajat celcius. Suhu udara yang tinggi tersebut merupakan salah satu tantangan bagi jemaah haji Indonesia.

Direktur Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Amsyar Akil menganjurkan jamaah haji Indonesia mempersiapkan diri dengan alat pelindung diri seperti masker, payung, spray. Ia juga membagikan tips berhaji sehat,

“Beberapa tips berhaji sehat, yang pertama, mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir, ini akan mencegah tersebarnya infeksi,” ujar Amsyar

Tak kalah pentingnya jamaah untuk selalu mengonsumsi makanan sehat, bergizi, memperbanyak minum air putih dan jus buah serta membawa persediaan obat.

Jamaah juga dianjurkan untuk tidak merokok, istirahat cukup dan tidak terlalu diforsir untuk beribadah.