haji
Sebagian jamaah haji Indonesia tiba di madinah.( ist/mch)

MAKKAH, MENARA62.COM – Dua hari lagi jemaah haji Indonesia mulai bergerak ke Makkah, setelah menyelesaikan ibadah Arbain di Madinah. Sebelum ke Makkah, Kepala Daerah Kerja Makkah Subhan Cholid mengingatkan beberapa hal yang harus dilakukan jamaah setibanya di Makkah, sebelum umrah wajib.

“Jangan langsung ke Masjidil Haram untuk melakukan umrah wajib,” kata Subhan dikutip dari laman kemenag, Jumat (12/7/2019).

Pertama, jemaah perlu mengenali tempat mereka menginap. Karena gedung-gedung yang ada di Makkah ini dibangun dalam bentuk bertingkat-tingkat dan dalam bentuk serupa. Mengenali penginapan ini penting untuk dilakukan jemaah sebelum melakukan umrah wajib, agar jemaah tidak kebingungan saat ingin kembali ke penginapan usai umrah.

“Terkadang jamaah buru-buru ingin umrah, kemudian bingung ketika akan kembali ke penginapan,” ujarnya.

Kedua, pastikan barang-barang bawaan telah masuk ke kamar masing-masing. “Pastikan dulu penginapannya sudah dapat, kamarnya sudah dapat. Masukkan barang-barang bawaan ke dalam kamar, pastikan tersimpan aman sebelum berangkat umrah,” kata Subhan.

Ketiga, pulihkan stamina fisik terlebih dahulu sebelum berangkat umrah. Apalagi sebelum tiba di Makkah, jemaah telah melakukan perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan. Baik mereka yang berangkat dari Madinah dan mengambil miqat dari Bir Ali, maupun mereka yang berangkat dari Jakarta dan miqat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

“Ingat umrah itu kan aktifitas fisik, nah jamaah setelah melakukan perjalanan panjang perlu sejenak mengembalikan staminanya. Istirahat sebentar, makan, minum, dan sebagainya. Manfaatkan waktu menunggu pembagian kamar misalnya untuk beristirahat sejenak. Jangan terburu-buru,”pesan Subhan.

Subhan juga menyampaikan petugas Daerah Kerja Makkah telah siap untuk menyambut kedatangan para jemaah haji Indonesia gelombang I yang akan diberangkatkan dari Madinah. Berdasarkan data Siskohat, hingga Kamis, 11 Juli 2019, sebanyak 32.173 jamaah haji Indonesia saat ini telah berada di Madinah. Jemaah dari Magetan yang tergabung dalam kloter SUB-01 akan menjadi rombongan jamaah pertama yang akan diberangkatkan lusa.