close

JAKARTA, MENARA62.COM — Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik tahun 2019 dengan program mewujudkan Desa Digital. Program pengabdian masyarakat tersebut dilaksanakan di Desa Cimanggu, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten pada tanggal 15 Juli sampai 8 Agustus 2019. KKN Tematik tahun 2019 ini diikuti oleh 33 Mahasiswa dari 6 Fakultas di UPN “Veteran” Jakarta.

KKN Tematik 2019 yang dilaksanakan UPN Veteran Jakarta ini didukung oleh Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Kemendesa PDTT RI dan BAKTI Kominfo RI. Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung percepatan pembangunan desa-desa tertinggal, di Kabupaten Pandeglang khususnya di Indonesia pada umumnya.

“Kegiatan ini adalah salah satu wujud pengabdian kampus kami kepada masyarakat sesuai amanah yang telah diberikan kepada UPN Veteran Jakarta sebagai Kampus Bela Negara,” jelas Retno Dyah Kusumastuti, Ketua LPPM UPNVJ.

Partisipasi secara sukarela dalam kegiatan ini dapat menjadi sarana pembelajaran mahasiswa terhadap tantangan yang dihadapi oleh masyarakat saat ini. “Kami berharap pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi melalui KKN Tematik ini akan memberikan kontribusi positif kepada perekonomiam desa,” lanjut Retno.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Kemendesa PDTT RI Samsul Widodo dalam kesempatan terpisah menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu yang memberikan perhatian serius terhadap utilisasi teknologi informasi dan komunikasi dalam program pembangunan di daerah tertinggal.

Beberapa program yang difasilitasi oleh Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Kemendesa PDTT RI telah mendapatkan apresiasi publik, termasuk diantaranya Aruna, sebuah perusahaan rintisan anak negeri yang fokus kepada pemasaran digital produk-produk nelayan. Aruna menjadi salah satu bahan pembicaraan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam pertemuan ASEAN beberapa waktu lalu.

Kegiatan KKN Tematik Desa Digital UPN Veteran Jakarta di Kabupaten Pandeglang akan mendukung pengembangan konten website desa, promosi potensi usaha desa secara daring, perpustakaan digital dan layanan administrasi desa.

Dukungan sarana dan prasarana jaringan internet dalam kegiatan ini diberikan oleh BAKTI Kominfo sebagai Badan Layanan Umum yang dibentuk oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pada kesempatan ini, tim Ditjen PDT Kemendesa yang dipimpin oleh Direktur Sarana dan Prasarana Agus Kuncoro juga melakukan kunjungan langsung ke lokasi KKN untuk berdiskusi dengan para mahasiswa.

Kegiatan ini secara resmi dibuka Senin, 15/07/2019 oleh Camat Cimanggu dan dihadiri juga oleh Kapolsek Cimanggu, Kepala Desa Waringin Kurung, Cimanggu dan Tangkilsari. (*)