haji
Bupati Indramayu Supendi didampingi Ketua DPRD Indramayu Taufik Hidayat lepas menyalami seorang jemaah haji
close

INDRAMAYU, MENARA62.COM – Bupati Indramayu H. Supendi, di dampingi ketua DPRD  Kamis malam (18/07/2019) pukul 19.30 WIB, bertempat di halaman Pendopo Pemkab Indramayu melepas secara resmi jemaah haji kloter 041-JKS yang berjumlah 410 orang.

Supendi menegaskan, jemaah haji yang bisa berangkat pada tahun 2019 ini harus banyak bersyukur dan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk beribadah semaksimal mungkin. Pasalnya, saat ini antrean calhaj dari Kabupaten Indramayu harus menunggu kurang lebih 16 tahun.

Untuk itu, Supendi selalu meminta kepada pemerintah pusat khususnya Kementerian Agama (Kemenag) agar memberikan tambahan kouta haji setiap tahunnya.

“Kita selalu berupa. Tidak mendesak, tapi berupaya. Kita  meminta, memohon agar ada tambahan kuota bagi Kabupaten Indramayu,” kata Supendi.

Apalagi saat ini  antrean calhaj dari Kabupaten Indramayu  jumlahnya lebih dari 28 ribu orang. Sementara kouta haji yang diperoleh Kabupaten Indramayu, hanya 1.800 orang.

“Itu termasuk, jumlah kota sekarang yang naik 20 persen. Tahun-tahun sebelumnya, kita hanya mendapat kuota 1.500 orang,” ujar Supendi.

Selanjutnya terhadap calon haji yang diberangkatkan tersebut, Supendi berharap agar bisa mendo’akan berbagai kemajuan Kabupaten Indramayu agar cita-cita mulia masyarakat Indramayu yang religius, maju,  mandiri, dan sejahtera bisa terwujud.

Sementara itu,  Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, H. Taufik Hidayat SH, M.Si menyebutkan, jumlah calon haji yang terdaftar sampai dengan hari Kamis mencapai 28.561 orang. Sementara kuota keberangkatan tahun 2019 ini hanya 1.835 orang, namun karena ada yang meninggal 1 orang dan 1 orang menunda keberangkatan karena sebab tertentu, maka calon haji yang siap berangkat pada tahun 2019 ini sebanyak 1.833 orang.

“Yang tergabung dalam kloter 041 ini berjumlah 410 orang dengan rincian 403 jamaah reguler, 1 orang TPHD non job,  dan 6 orang petugas kloter, ” kata Taufik