uhamka1
Rektor UHAMKA Prof. Gunawan Suryoputro, MHum berfoto bersama Rektor UII Fathul Wahid PhD usai menandatangani MoU. (ist)

YOGYAKARTA, MENARA62.COM – Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) menjalin kerjasama dengan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tersebut dilakukan oleh Rektor UHAMKA Prof. Gunawan Suryoputro, MHum dan Rektor UII, Fathul Wahid PhD,  di aula Rektorat Universitas Islam Indonesia (UII),Yogyakarta, Kamis (18/7/2019).

Penandatanganan MoU ini menjadi kelanjutan dari pertemuan Pengurus Harian Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta se-Indonesia (BKS PTIS). Dalam pertemuan tersebut disepakati perlunya penguatan PTIS yang tergabung dalam BKS PTIS.

“Inti dari kesepakatan kerjasama tersebut adalah bahwa UHAMKA dengan UII akan lebih menajamkan kerjasama terutama dalam bidang Catur Darma Perguruan Tinggi secara lebih berkualitas berbasis online atau jaringan,” kata Rektor UHAMKA.

Selain itu antara UHAMKA dengan UII perlu melakukan rekognisi atau akreditasi internasional. Ruang lingkup kerja sama tersebut meliputi International Program dalam bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian masyarakat, dan dakwah Islamiah.

uhamka
Penandatangan MoU antara Rektor UHAMKA Prof Gunawan Suryoputro M.Hum dengan Rektor UII Fathul Wahid PhD. (ist)

Diakui Rektor, UHAMKA dan UII merupakan dua perguruan tinggi besar yang sudah lama menjalin kemitraan dan berkomitmen tinggi untuk pengembangan kedua institusi ke depan.

“Kami juga senantiasa  berupaya meningkatkan kualitas mutu dan proses belajar mengajar. Alhamdulillah UHAMKA secara kelembagaan sudah mendapatkan akreditasi unggulan A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),” lanjut Rektor.

Selain dengan UHAMKA, penandatangan MoU tersebut juga dilaksanakan antara UII dengan Rektor PTIS yang hadir yang juga Pengurus Harian BKS PTIS, diantaranya Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta, Prof Dr Syaiful Bakhri SH MH yang juga Ketua Umum BKS PTIS, Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar, Prof Dr Abdul Rahman Rahim,  Rektor Universitas   Muhammadiyah Surabaya Dr dr Sukardiono MM, Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,  diwakili Dekan FAI, Dr Muhammad Qarib yang juga Wakil Sekretaris BKS PTIS serta Rektor  Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Prof.Dr. Basri Modding, SE.MSi.