close

SOLO, MENARA62.COM — SD Muhammadiyah 1 Ketelan memperingati Hari Anak Nasional Jadi Istimewa dengan menyebar-luaskan penggunaan kartu e-money, Perkembangan dan kemajuan teknologi menghantarkan manusia memasuki zaman era digital, Senin (22/7/2019).

Seperti di sampaikan ketua panitia Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), SW. Winarsi, S.Ag. S.Pd., bila Hari Anak Nasional diperingati setiap tahun bersamaan diawali penerimaan peserta didik baru, mengingatkan kembali hak partisipatif anak.

Setiap tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional, diperingati sesuai keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984.

Generasi Z, generasi saat ini, di mana generasi ini punya kemampuan lebih cepat dalam mengakses informasi, walaupun usia mereka masih tergolong anak-anak.

Mereka sejak kecil diperkenalkan dengan teknologi canggih, seperti komputer, laptop, handphone, iPad, dan perangkat elektronik lainnya.

Menurutnya, kegiatan yang rutin dilakukan, bertujuan meningkatkan antisipasi dan adaptasi kualitas anak untuk belajar, berinovasi dan berkolaborasi yang muaranya menjadi generasi anak bangsa yang bermajuan dan berprestasi.

“Mereka harus dikenalkan untuk berani tampil sejak usia dini dengan kartu e-money karena pengeluaran anak terkontrol, memperkuat pembelajaran literasi digital, sebagai alat transaksi, kartu perpustakaan dan kartu absensi siswa,” ujarnya.

Aak-anak sudah kelas 1 artinya sekarang sudah besar harus belajar mandiri dan belajar tidak ditunggui orang tua lagi.

Selain itu sebanyak 36 siswa kelas 1 C dibagi tugas masing-masing sepuluh anak berkunjung BUM’S, Kantin Sehat, Ruang Guru, Perpustakaan dan Usaha Kesehatan Sekolah Modern dengan guru pendamping.

Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Jatmiko menjelaskan, kartu e-money itu ada nilai duitnya yang dicatat secara elektronik. Dan kami mendukung Kota Solo menjadi Kota Layak Anak (KLA).

”Membiasakan diri mengantongi kartu e-money untuk memudahkan belanja dengan ‘harga pas’ tanpa ‘uang kembali’, Ditambah lagi berbagai fasilitas pendukung untuk perkembangan anak dengan Taman Baca, Sudut Baca, radio streaming-radio pendidikan solo belajar,” ujarnya.