uhamka
Rektor UHAMKA Prof. Dr. Gunawan Suryoputro M.Hum didampingi Wakil Rektor bidang Kerjasama, yaitu Dr. Lelly Qodariah, M. Pd berfoto bersama para mahasiswa yang akan melaksanakan program magang internasional di Universitas di Filipina. (ist)

JAKARTA, MENARA62.COM – Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum melepas 10 mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan International Internship di 4 universitas di Filipina. Mereka terdiri atas 2 mahasiswa dari program studi Ekonomi Islam, 2 mahasiswa dari program studi Kesehatan Masyarakat dan 6 mahasiswa dari program studi Komunikasi.

Didampingi oleh Wakil Rektor bidang Kerjasama, yaitu Dr. Lelly Qodariah, M. Pd., Rektor meminta agar para mahasiswa selalu belajar dan membuka semua inderawi, untuk menyerap berbagai hal baru yang baik. Mahasiswa diharapkan meningkatkan kualitas dirinya.

“Pengalaman magang internasional akan berguna untuk meningkatkan daya saing mahasiswa di era Masyarakat Ekonomi ASEAN, yang kini sudah mulai dirasakan dampaknya di masyarakat,” kata Rektor, dalam siaran persnya, Selasa (6/8/2019).

Adapun 4 universitas yang akan dijadikan tempat magang internasional mahasiswa UHAMKA tersebut adalah Mariano Marcos State University, Don Mariano Marcos Memorial State University, Pangasinan State University, dan Saint Louis University.

Sebagai kegiatan yang resiprokal, pada kegiatan ini UHAMKA lanjut Rektor juga membuka 10 slot untuk mahasiswa asing magang di mitra UHAMKA melalui program magang internasional. Namun untuk kegiatan SEATVET ini, hanya menerima 4 mahasiswa asing yang akan diterima di mitra FIKES UHAMKA yang berasal dari DMMMSU.

Kegiatan dilaksanakan dalam payung kegiatan magang vokasi yang dikelola oleh SEAMEO Secretariate yang sudah memasuki Batch ke 4.

Koordinator SEATVET UHAMKA, Farida, M.IKom., yang juga Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIP UHAMKA menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan perdana dengan mitra SEAMEO. Sehingga fakultas akan mendukung terlaksananya kegiatan tersebut, antara lain dengan secara khusus melatih English Skills, dan Cross Culture Understanding.

Sementara itu Wakil Rektor urusan Kerjasama mengingatkan para mahasiswa agar senantiasa membawa nama baik bangsa, kampus, dan Muhammadiyah.

Kegiatan ini cukup prestisius dan diikuti oleh kampus negeri dan swasta dari ASEAN. Pengelola sangat memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan mahasiswa peserta magang. Setiap peserta diwajibkan untuk memiliki Asuransi Kesehatan yang berlaku internasional, sebagai syarat untuk ikut di kegiatan ini.