Mahasiswi Prodi Profesi Ners yang akan mengikuti Student Exchange di KKU Thailand dilepas Rektor Jumat (9/8/2019). (foto : istimewa)

MAGELANG, MENARA62.COM — Enam mahasiswi Universitas Muhammadiyah Magelang mengikuti student exchange di Khon Kaen University (KKU) Thailand. Jumat (9/8/2019), Rektor UMMagelang, Ir Eko Muh Widodo, MT melepas mereka di Aula Rektorat Lantai 3 Kampus 2 UMMagelang. Ini merupakan kelima kali UMMagelang mengirim mahasiswanya ke KKU Thailand.

Keenam mahasiswi Program Studi (Prodi) Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) adalah Suparti, Sohirotul Firda, Rima Chintiya, Imroatul Latifah, Dyah Eka dan Dewi Siti. Dijadwalkan mereka akan belajar di Negeri Pagoda selama kurang lebih satu bulan, Ahad-Jumat (18/8 – 13/9/ 2019).

Rektor mengucapkan selamat dan berpesan agar mahasiswi agar dapat membawa diri dengan baik di negeri orang. Eko juga berpesan agar mahasiswi bisa menjaga nama baik universitas dan Indonesia.

Pelepasan ditandai dengan menyerahkan paspor kepada enam peserta student exchange oleh Rektor. Sedangkan Dekan Fikes, Puguh Widiyanto, MKep menyerahkan dokumen serta e-tiket pesawat pulang pergi.

Sementara Ns. Priyo, M.Kep, Ketua Prodi Profesi Ners mengatakan untuk bisa mengikuti student exchange harus mengikuti beberapa tahap seleksi. Di antaranya, lulus tes kompetensi kegawatdaruratan dan memiliki nilai TOEFL minimal 450.

Setelah lolos seleksi pun, mereka dibekali dengan ilmu kemampuan keperawatan kritis, kegawatdaruratan, softskill dan budaya Thailand selama dua bulan. “Program student exchange ini terselenggara karena dalam rangka mencapai visi kita yaitu menjadi program studi yang islami, inovatif, kompetitif dan punya keunggulan kegawatdaruratan dan terapi komplementer,” kata Priyo.