lazismu
Lazismu Jateng serahkan daging kurban kepada warga Getasan

SEMARANG, MENARA62.COM – Lazismu Jawa Tengah menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban di tengah hari tasyrik, bertepatan dengan hari Selasa (13/8/2019). Penyembelihan dua ekor sapi kurban dilakukan dikampung Gading, Getasan, Kabupaten Semarang yang terletak di kaki Gunung Merbabu.

Direktur Eksekutif, Alwi Mashuri menyampaikan bahwa manfaat dana ZIS yang terkumpul di Lazismu, dipergunakan semaksimal mungkin untuk pemberdayaan masyarakat berbasis kegiatan keagamaan. Sebagaimana yang dilaksanakan di Getasan, adalah dalam rangka melayani sohibul qurban, Lazismu menyalurkan manfaat ibadah qurban tersebut untuk membangun kegiatan dakwah di masyarakat Getasan.

“Kegiatan ini mendapat dukungan dari Lazismu Kota Semarang, Salatiga dan Magelang,” kata Alwi, Kamis (15/8/2019).

Selain memotong dan membagikan daging kurban, Lazismu juga menyerahkan paket sembako sebanyak 150 paket kepada warga tak mampu dan pekat peralatan sekolah sebanyak 50 paket bagi siswa sekitar.

Lazismu Kota Semarang mendukung acara tersebut dengan menyumbangkan 2 ekor sapi yang diperoleh dari KL RS Roemani dan KL PCM Ngaliyan Kota Semarang.

Ketua PDM Kota Semarang yang juga Pembina Lazismu, Yusuf Hidayat menyampaikan pentingnya kebersamaan dalam melaksanakan dakwah, seperti yang sedang dilakukan Lazismu. Menurutnya kebersamaan akan menumbuhkan kekuatan baru dan semangat dakwah yang baru. Hal ini penting  untuk melaksanakan dakwah menjangkau daerah yang jauh agar permasalahan sosial masyarakat bisa terpecahkan.

“Kedepan harus dikembangkan lebih besar lagi melibatkan semua lembaga terkait dalam organisasi,” kata Yusuf.

Meramaikan acara tersebut, dan dalam rangka peringatan hari miladnya, RS Roemani melaksanakan bakti sosial pengobatan cuma-cuma untuk masyarakat Getasan. Kegiatan tersebut menerjunkan 2 orang dokter dan apoteker. Aksi pengobatan gratis diikuti lebih dari 100 warga.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah kab Semarang, Dr. Saerozi menyampaikan terimakasih kepada Lazismu Jateng dan segenap daerah yang terlibat dalam acara tersebut. Kegiatan ini adalah upaya dakwah melalui cabang Muhammadiyah yang di bentuk di setiap kecamatan termasuk Getasan yang belum lama berdiri.

Ia berharap permasalahan social di masyarakat bisa di tangkap oleh semua komponen persyarikatan di tingkat cabang dan bisa diselesaikan dengan kerjasama semua unsur persyarikatan.

Terkait penyembelihan hewan kurban, pada kesempatan tersebut dipotong dua ekor sapi yang kemudian didistribusikan kepada 260 warga. Masing-masing warga mendapatkan 0,75 kg daging. (Hasan)