instalasi seni
Terowongan yang menghubungkan stasiun Commuterline Sudirman dengan stasiun MRT Dukuh Atas dan stasiun Railink BNI City tampil semarak dengan instalasi seni

JAKARTA, MENARA62.COM – Ada yang berbeda di terowongan jalan Kendal-Blora, Jakarta Pusat, pada Ahad (18/8/2019). Terowongan yang menghubungkan stasiun Commuterline Sudirman dengan stasiun MRT Dukuh Atas dan stasiun Railink BNI City tampil semarak dengan instalasi seni tentang perkeretaapian di Indonesia.

Dikutip dari Antara, inisiator instalasi seni itu, Kejar Rama Soeprapto, mengatakan instalasi seni menjadi sarana berekspresi sekaligus upaya pengenalan sejarah.

“(Instalasi seni) kesempatan kami untuk berekspresi. Kejar, kenali sejarahmu, kejarlah mimpimu. Dari sana, timbul ide dari teman-teman membuat instalasi seni ini. Mari, kita sama-sama bangun negara ini menjadi negara terbaik di dunia,” kata Rama.

Instalasi bertajuk “Kenali Sejarah Perkeretapianmu” itu mengusung konsep “Eco Living Go Green”. Dinding ruangan instalasi terbuat dari kerat-kerat botol minuman yang disusun hingga menyerupai kereta dengan empat pintu.

Di dalamnya, ada berbagai karya seni mengenai kota Jakarta, termasuk ikon Monumen Nasional yang terbuat dari botol-botol galon air minum, potongan kaca, dan tali tambang.

Selain itu, terdapat pula transportasi kereta api yang terbuat dari gulungan kardus-kardus yang dipotong kecil dan plastik bekas.

Setidaknya, ada sembilan gambar hasil kolaborasi perupa seni Nur Salomo dan ilustrator Sanchia Hamidjaja bersama 180 siswa sekolah dasar di Jakarta yang dipamerkan bersama instalasi seni itu.

“Dua minggu persiapan. Seperti referensi soal kereta, melihat peta Jakarta, (dan) enaknya melewati kawasan apa saja. Aku enggak sangka hasil akhirnya akan seperti ini. Aku terharu,” tutur Sanchia.

Instalasi seni itu dapat Anda nikmati hingga 25 Agustus 2019 dengan melewati terowongan jalan Blora-Kendal, Jakarta Pusat.