Mengurangi Angka Perceraian
Mengurangi Angka Perceraian

Ini adalah untuk pertama kalinya kami ke Sydney sejak tiba di Australia dua bulan lalu. Jarak Wollongong ke Sydney, Australia hampir 90 km. Kami diajak oleh keluarga Pak Aji, warga Indonesia asal Palembang. Ia sudah duluan tinggal di sini menemani istrinya yang studi di University of Wollongong (UoW). Hitung-hitung untuk merayakan 74 tahun Indonesia merdeka.

Perjalanan biasanya ditempuh selama satu setengah jam jika tidak ada halangan. Seharusnya kami naik kereta api supaya lebih cepat tiba. Tapi semalam ada pengumuman dari pihak perhubungan,kereta api ada perbaikan. Jadi semua penumpang ke Sydney diarahkan naik bus khusus yang disiapkan oleh dinas perhubungan setempat.

Ongkos ke Sydney akan berbeda nilainya pada hari Ahad dengan hari biasa. Sekali naik untuk orang dewasa, kurang dari $8.00 atau sekitar 80 ribu Rupiah sedangkan anak-anak sekitar $4.00 atau 40 ribu Rupiah. Ini untuk hari biasa. Sedangkan untuk hari Ahad begini harganya tetap sama seperti itu. Tetapi nilainya berbeda dan menyenangkan.

Dengan sekali bayar, pada hari Ahad, biaya itu bisa dipakai untuk kemana saja sampai jam 12 malam. Tak ada biaya tambahan. Jika nanti di Sydney kami akan naik bus, kereta api, atau ferry ke tempat lain, sudah cukup dengan harga itu, tak bayar lagi. Demikian juga pulangnya.

Saya sempat bertanya kepada teman, mengapa demikian. Mengapa justru biaya hari Minggu lebih murah dibandingkan dengan hari kerja. Ini adalah salah satu hal yang berbeda dengan di negara kita. Pemerintah Australia telah cukup lama menerapkan sistem seperti ini. Mengapa?

Salah satu sebabnya adalah untuk menekan angka perceraian dan upaya memberi hiburan kepada warganya. Dulu, pernah di Australia sangat tinggi angka perceraian pasangan suami istri. Tentu hal ini tidak baik untuk kelangsungan keluarga dan nasib anak-anaknya. Pada ujungnya akan menjadi beban negara.

Salah satu solusi untuk menekan angka perceraian adalah dengan memperbanyak rekreasi para anggota keluarga. Supaya biaya rileks dan nyaman, mengurangi beban pikiran. Agar mereka mau rekreasi, salah satunya adalah mengurangi biaya atau ongkos perjalanan. Itulah sebabnya sehingga ongkos lebih murah pada hari Minggu, kemanapun pergi naik bus atau kereta api di Australia sampai jam 12 malam.

Demikian cara yang efektif menurut pemerintah Australia untuk mengurangi angka perceraian. Bagus juga kalau hal ini diterapkan di negara kita.

Penulis: Haidir Fitra Siagian