unj
Plt Rektor UNJ Prof. Intan Ahmad dan jajaran pimpinan UNJ berfoto bersama usai meresmikan pembukaan PKKMB UNJ 2019, Senin (19/8/2019)

JAKARTA, MENARA62.COM – Untuk kedua kalinya, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB UNJ). Pembukaan kegiatan PKKMB UNJ 2019 tersebut dilakukan di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (19/8/2019). Tercatat ada 5.156 mahasiswa baru dari 8 fakultas yang mengikuti kegiatan PKKMB UNJ 2019.

Plt Rektor UNJ Prof. Intan Ahmad dalam sambutannya mengatakan untuk menjadi mahasiswa UNJ bukanlah hal yang mudah. Karena kompetisi yang dihadapi setiap calon mahasiswa sangat ketat.

“Ada program studi yang perbandingan jumlah daya tampung dan peminat mencapai 1:200. Artinya untuk lolos menjadi mahasiswa UNJ dia harus mengalahkan 199 calon lainnya,” kata Prof. Intan.

unj
Plt Rektor UNJ Prof Intan Ahmad mengenakan jaket almamater kepada seorang mahasiswa baru sebagai simbol dibukanya kegiatan PKKMB UNJ 2019

Karena itu ia mengingatkan agar semua mahasiswa baru UNJ memanfaatkan betul kesempatan menimba ilmu di UNJ. Manfaatkan segala kesempatan yang ada untuk menempa diri, agar kelak lulus menjadi generasi yang handal. UNJ dalam hal ini para dosen sifatnya hanya memfasilitasi dan membantu mahasiswa untuk menjadi generasi yang lebih baik.

Prof Intan mengatakan pilihan menjadi mahasiswa merupakan pilihan tepat bagi generasi muda. Sebab dengan menjadi mahasiswa maka seseorang memiliki peluang lebih besar untuk membangun masa depan lebih baik, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga keluarga bahkan bangsa Indonesia.

“Maka tunjukkanlah bahwa Anda adalah orang pilihan. Best of the best dari sekitar 10 juta orang yang berebut untuk masuk ke perguruan tinggi,” lanjut Prof Intan.

Prof Intan juga berpesan agar para mahasiswa tidak berhenti pada status mahasiswa saja. Sebab menjadi orang hebat tidak cukup mengalir mengikuti alur hidupnya, mengalir seperti air. Menjadi orang hebat harus dirancang sedemikian rupa, salah satunya melalui status mahasiswa.

unj
Plt Rektor UNJ Prof Intan Ahmad saat memberikan sambutan

“Masa depan harus dirancang, harus dimotivasi dengan baik. Tidak ada sesuatu yang bisa dicapai tanpa kerja keras,” tukasnya.

Kerja keras penting

Menurut Rektor, kerja keras itu penting agar setiap lulusan UNJ dapat beradaptasi dengan masa depan yang akan dihadapi. Sebab bisa jadi jenis keahlian atau ketrampilan yang saat ini dipelajari mahasiswa, dimasa depan sudah punah.

Karena itu setiap mahasiswa harus menjadi pribadi yang unggul, kreatif, dapat bekerjasama, mampu membangun jaringan, mampu berkomunikasi dan memiliki daya adaptasi yang baik. “Kami akan fasilitasi Anda untuk meraih masa depan yang lebih baik,” kata Prof Intan.

Kepada semua mahasiswa UNJ yang hadir, Prof Intan mengingatkan bahwa UNJ adalah kampus bebas narkoba. Maka ia minta semua mahasiswa menjauhi penggunaan narkoba dan tidak melakukan kegiatan yang menyerempet radikalisme. NKRI yang dibangun dengan darah dan air mata para pejuang, harus dipertahankan tetap tegak berdiri diatas bumi pertiwi.

unj
Sebanyak 5.156 mahasiswa baru UNJ mengikuti PKKMB 2019

Sementara itu Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan UNJ Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd mengatakan kegiatan PKKMB UNJ 2019 digelar sejak 17 Agustus 2019 ditingkat fakultas/program studi dan akan berakhir 23 Agustus 2019. Tahun ini kegiatan PKKMB UNJ dirancang dengan durasi lebih lama waktunya mengingat materi-materi yang akan disampaikan cukup banyak dan beragam.

“Mahasiswa baru akan medapatkan banyak materi selama mengikuti PKKMB dengan nara sumber yang sangat kompeten,” jelasnya.

Beberapa materi yang akan diberikan kepada mahasiswa baru tersebut adalah wawasan kebangsaan dan bela Negara, bahaya terorisme dan radikalisme di kalangan generasi milenial, peran BPK dalam membangun perguruan tinggi, literasi dan inklusi keuangan, penanganan bencana dan mitigasi bencana, peran Basarnas dalam membangun perguruan tinggi, bahaya penggunaan narkoba dan materi menumbuhkan jiwa entrepreneur di era revolusi industry 4.0.

Mengambil tema Pemuda Jaya Raya Dengan Karya Menuju Indonesia dan Asia, Achmad Sofyan berharap semua mahasiswa baru mengikuti semua materi yang telah disiapkan.

Melalui kegiatan ini kita akan memberika bekal kepada semua mahasiswa UNJ, sehingga setelah lulus kelak akan menjadi generasi berilmu, kreatif, berakhlak dan memiliki daya saing global.

Kegiatan PKKMB 2019 sekaligus menjadi momentum untuk dapat memberikan wawasan-wawasan kepada mahasiswa baru seperti cinta tanah air, gotong royong dan pembinaan idealisme dalam meningkatkan rasa kepedulian.