Disnakerperin ambil bagian dalam pawai pembangunan HUT RI ke-74

SOLO,MENARA62.COM – Pawai pembangunan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74 di  Jl. Slamet Riyadi, Solo berlangsung meriah, Ahad (18/8/2019). Pada kesempatan tersebut Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta menampilkan  ikon sentra IKM Kreatif Semanggi Harmoni.

Pawai pembangunan diikuti seluruh elemen mulai dari instasi, TNI, Polri, Kelurahan, Kecamatan dan Organisasi Profesi serta Perangkat Daerah.

“Kami mempopulerkan slogan Semar Kuncoro yang artinya semangat kreatif kuno moncer,” kata Kasie Industri Kreatif Ari Yeppy Kusumawati SE MSi di sela-sela karnaval.

Kontingen Sentra IKM Kreatif menerjunkan 36 orang yang menggunakan kostum Batik Carnival dan Mahkota Carnival yang dipadu dengan balutan kain batik dari kampung batik kauman dan kampung batik Laweyan serta aksesoris dari paguyuban perca/crafter. Setelah itu dilanjutkan dengan oleh peragawan dan peragawati dengan kostum Lukis Kain dari Nasrafa.

“Sebagai pamungkas kontingen dari Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, wayang Semar Kuncoro dengan tinggi 6 meter dan lebar 4 meter dari Sanggar Wayang SAWAGO,” ujarnya.

Kemeriahan tidak hanya tampak dari kostum kontingen yang berjalan dan selanjutnya perform di depan panggung kehormatan. Tetapi sepanjang jalan banyak penonton yang ingin berfoto dengan kontingen dari Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian karena konstum yang digunakan sangat indah dan penuh simbol-simbol.

“Mahkota yang menyerupai jilatan api menjadi simbol api-api pemantik semangat kreatifitas masyarakat untuk selalu berinovasi dan berkreasi sehingga akan menjadi SDM yang unggul dan akan membawa Surakarta Maju dan menuju Indonesia Maju bertumpu pada budaya adiluhung Solo,” imbuhnya. (JAT)