Hasil Grup D, Italia Sapu Bersih, Liechtenstein Baru Dapat Poin
Hasil Grup D, Italia Sapu Bersih, Liechtenstein Baru Dapat Poin

JAKARTA, MENARA62.COM — Nama besar Italia dalam sepak bola memang cukup menggetarkan. Pada lanjutan pertandingan keenam Grup J kualifikasi Piala Eropa 2020, Italia berhasil menjaga catatan sapu bersih mereka. Sementara diwaktu bersamaan, Liechtenstein meraih poin perdananya di turnamen tersebut.

Situs Antaranews.com melansir, saat bertandang ke Stadion Ratina, Tampere, pada Ahad (8/9/2019) waktu setempat (Senin WIB), Italia berhasil memetik kemenangan 2-1 atas Finlandia. Hasil ini terlihat dalam catatan laman resmi UEFA.

Setelah bermain imbang nirgol pada babak pertama, Ciro Immobile membuka keunggulan Italia pada menit ke-59, setelah menanduk umpan silang kiriman Federico Chiesa.

Penyerang andalan Finlandia Teemu Pukki pun, berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-72 lewat eksekusi penalti. Hadiah penalti didapatkan, setelah ia dijatuhkan di dalam area terlarang oleh Stefano Sensi.

Namun, tidak lama kemudian, Italia membalas gol penalti Finlandia, juga lewat cara yang sama pada tujuh menit kemudian. Penalti didapat Italia setelah bola tembakan Nicolo Barella dihalau menggunakan tangan oleh Sauli Vaisanen.

Jorginho yang menjadi eksekutor, berhasil dengan dingin menggelindingkan bola ke sudut jauh gawang. Arah bola tampaknya tak terjangkau kiper Lukas Hradecky. Gol ini memastikan kemenangan Italia 2-1 atas Finlandia.

Hasil itu, jadi kemenangan keenam Italia yang membuat mereka berada di puncak klasemen Grup J dengan koleksi 18 poin, sementara Finlandia (12) ada di urutan kedua.

Liechtenstein

Liechtenstein yang sebelumnya selalu kalah dalam lima pertandingan terakhir, akhirnya meraih poin perdana mereka dalam kualifikasi Piala Eropa 2020. Poin ini didapat, saat mereka bertandang ke Yunani.

Tampil di Stadion Olimpiade, Athena, Liechtenstein lebih banyak berada di bawah tekanan tuan rumah sepanjang laga. Akibatnya, gawang Liechtenstein jebol pada menit ke-33 akibat sepakan kaki kiri Giorgos Masouras yang mendapat umpan kiriman Efthymios Koulouris.

Skor itu terus bertahan dan Liechtenstein. Posisi ini, sepertinya membuat  Liechtenstein akan kembali pulang dengan tangan hampa. Namun, sebuah serangan cepat diakhiri umpan Nicolas Hasler, mampu diselesaikan dengan baik oleh Dennis Salanovic untuk menyamakan kedudukan 1-1.

Ketika peluit tanda laga usai berbunyi, Liechtenstein berhasil meraih poin perdananya, meski posisi mereka tetap terdampar di dasar klasemen Grup J. Posisi mereka, di bawah Yunani (5) yang menempati urutan kelima.

Sementara itu, dalam laga lain yang berlangsung lebih awal di Yerevan, Armenia, Henrikh Mkhitaryan menggelar sebuah pertunjukan spesial untuk membawa tuan rumah menang 4-2 atas Bosnia Herzegovina. Mkhitaryan mengemas dwigol, mengirimkan satu assist untuk gol Hovhannes Hambardzumyan serta melepaskan umpan tarik yang berujung gol bunuh diri Stjepan Loncar.

Dengan hasil itu, Armenia naik ke urutan ketiga dengan koleksi sembilan poin, menggusur Bosnia (7) ke peringkat keempat.

Berikut hasil pertandingan Grup J kualifikasi Piala Eropa 2020 pekan keenam (tuan rumah disebut pertama):

Armenia 4 – Bosnia-Herzegovina 2 (Henrikh Mkhitaryan 3′, 66′, Hovhannes Hambardzumyan 77′, Stjepan Loncar bd-90+5′; Edin Dzeko 13′, Amer Gojak 70′)
Finlandia 1 – Italia 2 (Teemu Pukki p-72′; Ciro Immobile 59′, Jorginho p-79′)
Yunani 1 – Liechtenstein 1 (Giorgos Masouras 33′; Dennis Salanovic 85′)

Klasemen Grup J

Tim M M I K Gol P
1 Italia 6 6 0 0 18-3 18
2 Finladia 6 4 0 2 8-4 12
3 Armenia 6 3 0 3 12-10 9
4 Bosnia-Herzegovina 6 2 1 3 12-11 7
5 Yunani 6 1 2 3 7-10 5
6 Liechtenstein 6 0 1 5 1-19 1