Pemecahan Rekor Muri Ayam Nanas dan Sambal Tempoyak Terbanyak 2019
Pemecahan Rekor Muri Ayam Nanas dan Sambal Tempoyak Terbanyak 2019

LAHAT, MENARA62.COM — Pemecahan Rekor Muri Ayam Nanas dan Sambal Tempoyak terbanyak Kabupaten Lahat Bercahaya 2019 digelar di Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan. Pemecahan rekor itu, dilakukan di Lapangan Seganti Setungguan (Exs MTQ) Kabupaten Lahat, Rabu (18/9/2019).

Kegiatan yang baru pertama kalinya dilakukan di Kabupaten Lahat ini berlangsung cukup meriah. Lurah Pagar Agung Asransyah mengungkapkan rasa syukurnya.

“Saya bersyukur kepada Allah SWT, dikarenakan kegiatan Rekor Muri  se-kabupaten Lahat  di Kelurahan Pagar Agung ini mendapatkan nilai plus dibandingkan kelurahan yang ada di kabupaten Lahat. Saya berterimakasih kepada TP-PKK,RW dan RT atas kekompakkan, sehingga hasil yang di capai sesuai dengan harapan kedepannya kalau ada kegiatan kita lebih baik lagi,” ujarnya.

Ketua TP-PKK Kelurahan Pagar  Lahat Yuli Aperawati SPd mengatakan, kegembiraannya karena kegiatan ini mendapat dukungan Cik Ujang SH, Bupati Lahat. Ia berharap, kegiatan ini akan membangkitkan semangat dan kekompakan tim penggerak TP PKK Kelurahan Pagar Agung Lahat.

“Tempoyak ini adalah makanan yang umum di etnik melayu. Tidak hanya di Lahat, Sumatera Selatan, tapi juga ada di provinsi Jambi, Lampung, Bengkulu, hingga Malaysia. Jadi disini, Lahat menjadi pemegang rekor dunia masak Ayam Nanas dan sambal Tempoyak terbanyak,” ujar Yuli Aperawati.

Ia berharap, kegiatan ini akan memberi dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

Potensi lain

Nurul Hidayah SE, sekretaris lurah Pagar Agung berharap, kekompakkan ibu-ibu yang ada di kelurahannya dapat mengangkat potensi makanan lainnya. Menurutnya, di Lahat mempunyai banyak makanan khas yang bisa diangkat.

Contohnya, di Desa Tanjung Sirih Kecamatan Pulau Pinang, ada makanan Lemang berbahan dari Beras Ketan dan dimasak menggunakan bambu. Lemang, biasanya banyak dijajakan menjelang hari-hari besar Islam, seperti Idul Fitri,  Idul Adha, serta tahun baru Islam.