PURWOKERTO, MENARA62.COM — Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mendapat undangan untuk deklarasi pembentukan APANE (Asia and Pacific Alliance of Nursing Education) yang dihadiri oleh perguruan tinggi dari berbagai negara, di antaranya Jepang, Turki, Taiwan, Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Kamboja.

Deklarasi pembentukan APANE ini dilakukan dalam kongres internasional keperawatan yang diselenggarakan di National Cheng Kung University (NCKU) pada 6 September 2019.

Dalam kongres ini digagas beberapa kemungkinan aktivitas yang dapat dikembangkan dalam bidang keperawatan oleh anggota APANE ini.

Secara khusus, UMP, melalui alumninya Devita Elsanti, Kaprodi D3 Keperawatan UMP, mendapat undangan untuk menghadiri acara ini.

Dengan kehadiran ini, maka UMP secara otomatis menjadi anggota dari APANE ini.

Pertemuan ini juga dihadiri ketua, wakil ketua dan pengurus AIPNEMA. Keberadaan dosen UMP yang merupakan alumni NCKU ini sangat membantu penguatan kerjasama UMP juga dengan NCKU.

Keterlibatan UMP menjadi anggota organisasi profesonal semacam ini menjadi langkah strategis untuk semakin meningkatkan kualitas pendidikan keperawatan UMP sekaligus perluasan jejaring UMP. (Cah/Tgr)