Halal Park di Bandara Soetta
Halal Park di Bandara Soetta

Gara-gara naik Garuda Indonesia saya ketemu spot ini: Halal Park. Lokasinya di Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno – Hatta. Persis di samping kiri ruang tunggu penumpang bus Damri.

Ada 20 bangunan berangkat kontainer 20 feet di Halal Park. Sebagian sudah berisi. Tapi masih ada beberapa yang kosong. Terutama yang sisi timur.

Sayangnya, saya datang sudah agak malam. Sudah pukul 20:00. Sebagian outlet sudah tutup. Pengunjung juga sedikit. “Pengunjung paling banyak pada waktu siang. Terutama yang mau makan siang,” kata petugas di konter kasir.

Halal Park di Bandara Soetta
Halal Park di Bandara Soetta

Aneka produk dijual di sini. Ada kopi The Gade Coffee and Gold. Kafe anak perusahaan Pegadaian. Ada juga yang menjual kain tenun dari Ende, Nusa Tenggara Timur. Ada juga gerai zakat dari Rumah Zakat.

Beberapa petugas konter saya tanya sistem kerjasamanya. Ternyata bagi hasil. “Lima belas persen untuk pengelola,” kata seorang pramuniaga.

Berapa omsetnya per hari? Menurut pramuniaga tersebut, penjualannya memang belum bagus. Banyak pengunjung belum kenal dengan Halal Park. “Kebanyakan yang beli di sini karyawan Angkasa Pura,” kata pramuniaga tersebut.

Sebenarnya Halal Food berada di lokasi yang bagus. Hanya saja karena lokasinya di paling ujung terminal, tidak banyak yang tahu.

Perlu kerja keras untuk memperkenalkan Halal Park agar makin ramai. Minat buka konter di sini?