Dua mahasiswa UNS saat menceritakan pengalamannya menjadi mahasiswa.

SURAKARTA, MENARA62.COM – SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat, Surakarta kedatangan dua tamu hebat dari Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), yaitu Ziyad Yusuf Khusaini serta Andi Kurniawan. Keduanya adalah mahasiswa jurusan Teknik Sipil dan jurusan Komunikasi. Dalam agenda “Jagongan Kampus” yang ke-4 yang digelar Jumat (11/10), mereka berkesempatan untuk berbagi cerita serta motivasi perihal dunia perkuliahan.

Ziyad dalam penjelasan singkatnya menguraikan sedikit tentang jurusan teknik sipil. Ia menyatakan bahwa teknik sipil memiliki cakupan kerja yang cukup luas, antara lain terlibat dalam pembangunan jalan raya, kereta api, bendungan air, tanah, desain lampu lalu lintas, dan sebagainya. Selebihnya, ia berpesan kepada para siswa SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat perihal mimpi.

“Apabila seseorang bermimpi, maka mimpi itu harus didetailkan agar kita lebih terarah,” jelas Ziyad.

Imam Masjid Nurul Huda UNS tersebut juga mengungkapkan bahwa ketika seseorang mempunyai keinginan yang tidak tercapai, maka ada sesuatu yang lebih baik nantinya.

Dalam kesempatan yang sama, Andi Kurniawan, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi UNS yang merupakan penyiar Solo Radio dan Fiesta Radio tersebut juga menguraikan beberapa pengalamannya ketika menjadi mahasiswa. Menurutnya, jurusan Komunikasi merupakan salah satu jurusan yang cukup fleksibel karena di dalamnya memuat berbagai ilmu dasar.

“Jadi, siswa lulusan IPA dan IPS masih memiliki kesempatan besar untuk dapat masuk ke jurusan tersebut,” katanya.

Berdasarkan pengalamannya, ia menyatakan bahwa jurusan Komunikasi merupakan jurusan yang penuh tantangan karena dalam berbagai aspek selalu mengedepankan komunikasi dengan masyarakat luas. Kedua pembicara menutup agenda siang dengan sebuah quotes: “Ubah insecure menjadi syukur (Andi K.) dan bermimpi, belajar, dan berdoa (Ziyad)”.

Jagongan kampus yang menghadirkan dua mahasiswa UNS