Kebakaran pipa minyak terjadi di area KM 129 Tol Purbaleunyi, Kota Cimahi, Selasa (22/10/2019). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

BANDUNG, MENARA62.COM – Kepanikan melanda pengendara mobil yang melintas di KM 129-130 Tol Purbaleunyi dari arah Jakarta dan Bandung, Selasa (22/10/2019) sore. Ini akibat asap hitam tebal yang mengangkasa dan menutup pandangan di jalan tol kawasan Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Kondisi tersebut juga menyebabkan arus kendaraan di sekitar lokasi kebakaran mengalami kepadatan. Dari arah Bandung, kendaraan tidak bisa putar arah sehingga petugas mengaturnya satu per satu untuk melintas dengan hati-hati.

Polisi juga melakukan pengalihan arus kendaraan. “Yang dari arah Tol Cileunyi kita keluarkan ke Gerbang Tol Pasir Koja, Bandung,” kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar, Kombes Mohamad Aris.

Sedangkan untuk kendaraan yang datang dari arah Jakarta, diminta memutar arah menghindari kebakaran. “Karena kebakaran terjadi cukup dekat dengan lajur dari arah Jakarta,” kata Aris.

Unit Manager Communication and CSR PT Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami, mengonfirmasi bahwa yang terbakar adalah pipa saluran bahan bakar jenis Pertamina Dex. Letaknya di pinggir jalan tol antara Padalarang-Buah Batu KM 130.

“Betul, itu pipa Pertamina yang menyalurkan BBM dari Terminal Ujung Berung ke Padalarang,” kata Dewi, dikutip dari Antaranews.com.

Ia memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat kebakaran pipa di dekat kawasan jalan tol yang menghubungkan Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) tersebut. Menurutnya, perusahaan langsung melakukan penanganan dengan menghentikan aliran bahan bakar minyak di pipa tersebut.

Pertamina, lanjut Dewim saat ini fokus melakukan pemadaman berkoordinasi dengan dinas pemadam kebakaran setempat. Pertamina juga memastikan pasokan bahan bakar minyak di Bandung dan sekitarnya aman.

Penyebab kebakaran sampai saat ini masih dalam penyelidikan. Sumber lain menyebutkan, titik kebkaran juga berada dekat proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.