PALEMBANG, MENARA62.COM — Gelora Sriwijaya berbenah. Pembenahan itu akan dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang direncanakan menjadi salah satu lokasi pertandingan Piala Dunia U-20 2021.

Situs Antaranews.com melansir, pembenahan itu disampaikan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dalam keterangan resminya di Palembang, Ahad (3/11/2019). Pembenahan ini, merupakan salah satu keseriusan untuk menjadi tuan rumah kejuaraan bergengsi itu.

“Ya, tentu Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan memperbaiki kondisi dan fasilitas di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. Seperti rumput akan menggunakan jenis terbaik sesuai dengan standar FIFA,” kata dia.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan segera berkoordinasi dengan PT Jakabaring Sport City (JSC) sebagai pengelola stadion. Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Palembang untuk menyiapkan berbagai fasilitas agar penyelenggaraan Piala Dunia U-20 ini berjalan lancar.

“Saya menjadi salah satu gubernur yang menandatangani kesiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Maka dari itu rakyat Sumsel harus menyambut dengan rasa gembira karena ini merupakan ajang olahraga terbesar di dunia,” kata Herman Deru

Resmi

Sebelumnya, Indonesia resmi ditunjuk oleh FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 setelah mengungguli dua pesaingnya yaitu Brazil dan Peru.

Dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, pengumuman tersebut dilakukan dalam rapat Dewan FIFA yang digelar di Shanghai, China, Kamis (24/10/2019) siang WIB.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyambut baik keputusan FIFA tersebut.

“Alhamdulillah presentasi PSSI diterima dengan baik sehingga Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20,” ujar Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI Gatot Widakdo.

Dengan demikian, Indonesia menjadi negara kedua di kawasan Asia Tenggara yang menggelar Piala Dunia U-20. Sebelumnya Malaysia pernah menjadi tuan rumah pada tahun 1997, saat nama turnamen masih Kejuaraan Dunia Pemuda FIFA.

Sebagai tuan rumah, Indonesia juga berhak tampil langsung di Piala Dunia U-20 tahun 2021. Itu akan menjadi penampilan perdana timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 sepanjang sejarah.

Adapun timnas yang disiapkan untuk mengikuti turnamen tersebut adalah timnas U-19 yang kini dilatih oleh Fakhri Husaini.

Artinya, timnas U-19 tidak perlu lagi harus lolos dan melaju ke semifinal Piala Asia U-19 2020 untuk melangkah ke Piala Dunia U-20 2021.