JAKARTA, MENARA62.COM — (08/11/2019) Pengamat Politik Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, Andriadi Achmad memprediksi terbentuknya poros koalisi Nasdem – PKS adalah sesuatu yang realistis dan mungkin. Pasalnya Anies Baswedan yang diusung PKS – Gerindra saat pilkada DKI Jakarta 2017 lalu, bisa menjadi magnet dan penghubung terealisasinya poros Nasdem – PKS mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024.

“Agenda suksesi 2024 bisa mempersatukan Nasdem – PKS, Anies Baswedan adalah magnet yang akan mempersatukan poros ini,” ujar Andriadi saat dikonfirmasi media.

Direktur Eksekutif Nusantara Institut PolCom SRC ini juga memantau bahwa pendekatan Nasdem terhadap Anies Baswedan sudah mulai massif pasca pilres 2019 lalu yaitu pertemuan antara Surya Paloh dan Anies Baswedan di DPP Nasdem Cikini. Selain itu, beberapa waktu lalu silaturrahmi politik Surya Paloh ke DPP PKS bertemu dengan Presiden PKS Muhammad Sohibul Iman dan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufrie serta fungsionaris lainnya adalah signal awal menuju poros koalisi pilpres 2024.

“Pascapilpres 2019 lalu, ketika Megawati – Prabowo bertemu di Menteng, saat bersamaan Surya Paloh – Anies Baswedan bertemu di DPP Nasdem Cikini. Begitu juga, masih anyar silaturrahmi politik Surya Paloh ke DPP PKS merupakan sinyal positif menuju koalisi,” jelas Andriadi Achmad disela-sela wawancara.

Pilpres 2024 masih terlalu cepat untuk dibicarakan saat ini, tapi sangat menarik untuk didiskusikan. Pasalnya pilpres 2024 sangat menentukan pemenang pemilu legislatif 2024. Artinya partai politik yang mampu menghadirkan capres berpotensi menang di pilpres 2024 terbuka lebar menjadi pemenang pemilu. Itulah konsekuensi pileg dan pilpres  diadakan dalam waktu bersamaan. Kondisi ini, memaksa hampir semua parpol sudah memasang kuda-kuda untuk mempersiapkan capres 2024 seperti partai Demokrat menyiapkan Agus Harimurti Yudhoyono, PDIP mempersiapkan Puan Maharani, Nasdem  dan PKS membangun poros koalisi lebih dini untuk mengusung Anies Baswedan, dan lain sebagainya.

“Capres berpotensi menang yang diusung parpol 2024 sangat berpotensi memenangkan pemilu. AHY dipersiapkan partai Demokrat, PDIP telah Puan Maharani, Anies Baswedan berpeluang diusung koalisi PKS – Nasdem,” demikian tutup Andriadi Achmad mengakhiri wawancara.