Peluncuran NIVEA #SentuhanIbu 2019 World of Imagination

JAKARTA, MENARA62.COM – Membantu mempererat ikatan antara ibu dan anak, Nivea Crème Tin akan menggelar kegiatan NIVEA #SentuhanIbu 2019 World of Imagination. Kegiatan tersebut akan digelar 20-22 Desember 2019 di Ecopark, Ancol.

Event tersebut digelar atas kerjasama Nivea dengan komunitas dongeng Ayo Dongeng Indonesia, Waktunya Main dan Sembilan Matahari.

Brigitta Dewi Pricillia, Brand Executive Nivea Body and Crème mengatakan kegiatan tersebut menyuguhkan taman bermain interaktif untuk anak yang terinspirasi dari sebuah cerita yang digabungkan dengan dunia imajinasi, kombinasi antara permainan dengan seni digital.

“Fokus utama dari Nivea #SentuhanIbu adalah untuk menciptakan momen yang dapat mempererat ikatan emosi ibu dan anak, salah satunya dengan mendongeng,” katanya.

Ia percaya dongeng yang menarik dan seru dapat menumbuhkan daya imajinasi anak. Terlebih jika diiringi sentuhan lembut ibu yang memberikan rasa nyaman dan ketenangan.

Dr Herbowo Soetomenggolo, spesialis syaraf anak menjelaskan kegiatan mendongeng pada intinya meliputi beberapa hal termasuk coupling, yakni mendengarkan, memproses informasi, mengolah informasi menjadi data-data sesuai dengan imajinasinya. Proses selanjutnya adalah mirroring atau ketika otak pendengar memiliki cara bekerja yang sama dengan otak pendongeng.

“Pada kegiatan mendongeng, otak merilis beberapa hormone seperti dopamine, kortisol dan oksitosin,” lanjutnya.

Hormon tersebut mengatur perubahan emosi, kewaspadaam dan empati, sehingga dapat mengingat jalur cerita. Aktivitas di cortex terjadi ketika otak memroses fakta sehingga dapat mengaktifikasi bagian otak lain termasuk motor cortex, sensory cortex dan frontal cortex.

Penelitian menunjukkan kegiatan mendongeng membantu kemampuan literasi yang sejalan dengan kemampuan kognitif anak. Sehingga dapat disimpulkan walaupun kegiatan mendongeng termasuk mudah dilakukan namun memiliki dampak yang luar biasa terhadap perkembangan otak anak.

Sementara itu, Mochammad Ariyo Zidni atau Kak Aio, pendiri Komunitas Ayo Dongeng Indonesia mengatakan agar dongeng berlangsung seru, orangtua dapat melibatkan anak dalam memilih ide, alur cerita, nama karakter dan lainnya.

“Tidak ada cerita yang salah atau benar saat kita berimajinasi. Disitulah kekuatan imajinasi,” tutup Kak Aio.

Adapun tiket kegiatan Nivea #SentuhanIbu dapat dibeli sejak 13 November melalui Tokopedia dengan harga Rp450 ribu untuk 4 tiket, atau Rp150 ribu untuk tiket individual.