Siswa tengah mengikuti screening gigi

SOLO, MENARA62.COM – Siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan mengikuti screening kesehatan gigi, Jumat (15/11/2019). Kegiatan tersebut merupakan salah satu program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo dalam memantau kesehatan peserta didik.

Pemeriksaan dilakukan oleh mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berjumlah 49 mahasiswa, dan melibatkan 2 dokter, 10 koas gigi.

“Memberikan follow up kepada para siswa tentang kesehatan gigi dan mulut, agar bisa sebagai data medis untuk tindak lanjut ke depan,” ujar Fiqi Faisal Kiram, ketua tim.

Salah satu siswa tengah dicek kesehatan giginya

Wakil kepala sekolah bagian Humas, Jatmiko merespon positif kegiatan tersebut. Ia berharap dengan berbasis data yang valid terarah, terukur siswa menyadari seberapa penting menjaga kesehatan gigi dan bagaimana cara pola gosok gigi yang benar.

“Era industri 4.0 untuk menjaga kesehatan sangat sulit, belum lagi makanan saat ini mengandung zat yang tidak baik untuk perkembangan anak, tadi diikuti sebanyak 141 siswa kelas 3,” ujar Jatmiko.

Menurutnya menanamkan pemahaman dan kesadaran kesehatan sangat penting dilakukan sejak usia dini.

Salah satu siswa Pratita kelas 3, menyatakan sangat seru kegiatannya, Kalau gigi atas berarti arahnya ke bawah, kalau gigi bawah arahnya ke atas, gigi samping dengan gerakan memutar dan bagian gigi dalam dengan gerakan mencungkil.

“Saya gosok gigi dua kali sehari, posisikan sikat gigi pada sudut 45 derajat dari gusi, maju-mundur secara lembut dengan pendek, gunakan ujung sikat bagi permukaan dalam gigi depan dengan gerakan ke atas dan bawah, pokoknya seru banget,”imbuhnya.