close

MARANELLO, MENARA62.COM — Ferrari telah membuka selubung model terbaru Ferrari Roma di hadapan media massa seluruh dunia. Coupé terbaru dari pabrikan Maranello ini menampilkan desain sempurna yang tak lekang oleh waktu serta kekuatan dan kelincahan yang menjamin pengalaman berkendara yang mengesankan. Tampilan khas Italia yang ditonjolkan mobil ini adalah penafsiran ulang gaya hidup kontemporer dan bebas tahun 1950-an dan 60-an di kota Roma yang juga menjadi nama mobil tersebut.

Dari aspek desain, Ferrari Roma memperlihatkan karakternya yang bersih dan simbiotik. Proporsi indah nan harmonis dan bentuknya yang elegan, seimbang dan sejalan dengan tradisi grand touring mobil sports Ferrari bermesin tengah belakang yang menjadikan 250 GT Berlinetta lusso dan 250 GT 2+2 sebagai contoh model paling ikonik dan menginspirasi mobil ini. Tampilan ini mewujudkan bahasa desain yang sangat modern dan mempertegas gaya otentiknya, yang telah di sempurnakan. Pada saat yang sama, aplikasi garis-garis ramping mempertahankan ciri sporty yang dimiliki oleh semua mobil Ferrari.

Untuk menjamin kinerja terbaik di kelasnya dengan tetap mempertahankan kemurnian gaya garis keturunannya, insinyur Ferrari mengembangkan beberapa teknologi terdepan, terutama spoiler belakang yang terintegrasi dengan kaca belakang yang dirancang untuk mempertahankan keanggunan mobil dan menghasilkan downforce untuk kinerja luar biasa dari Ferrari Roma yang secara otomatis akan bekerja di kecepatan tinggi.
Kuda Jingkrak 2+ coupe terbaru dilengkapi mesin turbo V8 yang menghasilkan tenaga 620 hp pada 7.500 rpm, menjadikannya yang paling bertenaga di kelasnya. Salah satu mesin V8 yang telah memenangkan penghargaan the International Engine of the Year selama empat tahun berturut-turut itu, dilengkapi dengan fitur Variable Boost Management untuk respon gas yang instan. Dengan adopsi Gasoline Particulate Filter, perhatian yang cermat juga difokuskan pada suara sistem pembuangan yang telah sepenuhnya didesain ulang, menghilangkan peredam suara dan memperkenalkan katup bypass yang baru.

Gearbox dual-clutch 8-speed baru pada mobil ini lebih padat dan 6 kg lebih ringan dibanding pendahulunya yang bertransmisi 7-speed. Selain mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi, pergantiannya lebih cepat dan lebih mulus sehingga membuat mobil lebih responsif di jalan terbuka juga sangat nyaman di kota dan dalam situasi macet.

Sasis Ferrari Roma memanfaatkan teknologi modular yang dikembangkan oleh Ferrari untuk model-model generasi barunya. Baik bodyshell maupun sasis telah dirancang ulang untuk menyesuaikan penurunan berat unit dan teknologi produksi tercanggih. Bahkan, 70% komponennya sepenuhnya baru. Ferrari Roma bermesin tengah belakang 2+ memiliki rasio bobot/kekuatan terbaik di segmennya (2,37 kg/cv) sehingga mampu meningkatkan dinamika kemudi dan daya tanggap.

Ferrari Roma dilengkapi dengan sistem dinamik yang terkini, contoh yang paling nyata yaitu Side Slip Control 6.0 (pertama untuk mobil Ferrari GT) dengan Ferrari Dynamic Enhancer dan tombol manettino 5 arah yang mengendalikan sudut yaw dengan menyesuaikan tekanan rem kaliper secara hidrolik.

Pendekatan yang diambil oleh Ferrari Styling Centre untuk menciptakan tampilan luar Ferrari Roma mementingkan desain yang bersih dan simbiosis yang mutlak antara berbagai elemen dengan proporsi yang harmonis dan volume yang elegan. Mobil ini dibalut garis-garis ramping yang membentang dari kap depan, yang menonjolkan siluet bagian samping dan volume kabin fastback yang padat. Untuk menonjolkan gaya minimalis yang formal, detail-detil yang tidak perlu dihilangkan, contohnya pendinginan radiator diganti dengan permukaan monolitik yang dilubangi di tempat yang dirasa perlu, sehingga melahirkan konsep baru radiator grille. Lampu LED depan dihiasi dengan garis horizontal yang menggambarkan struktur di balik tampilan luar mobil dan memunculkan aura dari keseluruhan bodi mobil. Kaca belakang dilengkapi dengan aero device untuk mempertahankan bentuk yang khas, sedangkan lampu belakang ditempatkan seperti layaknya perhiasan pada bodi mobil.

Sementara itu untuk bagian kabin Ferrari Roma, perancang di Ferrari Styling Center telah mengembangkan sebuah pendekatan formal baru meliputi pembuatan dua ruang terpisah, satu untuk pengemudi dan satu untuk penumpang, dalam sebuah evolusi konsep kokpit ganda yang mencakup seluruh kabin dibandingkan hanya dashboard, seperti yang sudah ada sebelumnya. Pembuatan desain bagian dalam mobil dimulai dari mendesain ulang keseluruhan HMI. Proses ini menghasilkan lompatan besar, mulai dari roda kemudi baru yang dirancang menggunakan filosofi “Eyes on the road, hands on the wheel” dengan semua perintah utama mobil ditindaklanjuti oleh kontrol haptic, memastikan pengemudi tidak harus menggerakkan tangan mereka dari kemudi. Klaster instrumen digital 16″ menyediakan semua informasi yang diperlukan, sementara layar pusat dengan layar vertikal 8,4″ dan layar penumpang baru sangat intuitif dan ramah pengguna. Kunci Ferrari baru dengan fungsi “Comfort Access” memungkinkan pengemudi untuk membuka mobil dengan menyentuh tombol di sebelah flush handle baru di pintu. Terakhir, lampu utama Matrix LED dan advanced driver assistance systems (ADAS) opsional Ferrari, termasuk Cruise Control yang adaptif, membuat perjalanan sehari-hari dan perjalanan yang lebih panjang menjadi pengalaman yang sangat santai.