Penyerahan secara simbolis Tumbler dari ketua MPKU-PS PDM Kota Surakarta Prof Da'i kepada direktur RS PKU Solo

SOLO, MENARA62.COM – Sekitar 1300 orang mengikuti Senam Bersama dan Jalan Sehat Keluarga yang diselenggarakan oleh RS PKU Muhammadiyah Surakarta dalam rangka Milad ke 92 RS PKU Muhammadiyah Surakarta dan 107 tahun Milad Muhammadiyah, Ahad (1/12/2019). Kegiatan diikuti oleh peserta yang terdiri dari pengurus pimpinan daerah Muhammadiyah Kota Surakarta, jajaran direksi RS, karyawan RS dan keluarganya, anggota klub Senam DM RS, klub Jantung Sehat RS, Klub Senam Asma RS, Bina Lingkung Sekitar RS, dan perwakilan undangan dari Amal Usaha Muhammadiyah Kota Surakarta.

Kegiatan tersebut dimulai dengan senam di awal acara, atraksi penurunan spanduk milad dan bendera start dari atap lantai 5 gedung utama RS oleh Tim SAR HDP RS PKU Muhammadiyah Surakarta, dan dilanjutkan dengan jalan sehat yang dibuka oleh Direktur RS.

Selain senam dan jalan sehat, acara yang berlangsung selama lebih kurang 4jam ini dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional ke-55, juga dilakukan donor darah karyawan dan masyarakat sekitar bekerja sama dengan PMI Surakarta, pemeriksaan tensi dan gula darah gratis, sosialisasi senam Bantuan Hidup Dasar (BHD) bagi masyarakat awam, juga dilaksanakan lomba mewarnai usia 4-10 tahun bagi anak karyawan.

Di puncak acara dicanangkan pula Gerakan Sehat RS PKU Solo 2020 membudayakan minum dengan tumbler di lingkungan RS PKU Muhammadiyah Surakarta yang rencananya secara serentak mulai diwajibkan tanggal 2 Januari 2020 bagi seluruh karyawan RS. Secara simbolis penyerahan media edukasi tumbler life style dari Ketua MPKU-PS PDM Kota Surakarta kepada direktur, dan simbolis penyerahan tumbler dari direktur kepada perwakilan dokter, perawat dan staf non medis RS.

Gerakan ini seperti yang disampaikan oleh Ketua Panitia Milad, dr. Nanda Nurkusumasari, Sp.JP, bertujuan untuk membudayakan lingkungan sehat dan bersih di kalangan civitas internal RS dengan mengurangi sampah plastik, meminimalkan air minum kemasan, menyediakan air galon di beberapa area tertentu lingkungan RS. Diharapkan seluruh civitas lebih peduli kepada lingkungannya dengan meminimalkan sampah plastik.

Direktur RS PKU Solo mengibarkan bendera start dimulainya jalan sehat