ilustrasi virus corona (ist/sehatnegeriku)
close

CHICAGO, MENARA62.COM – Virus corona yang menyebar begitu cepat di China daratan mendorong Amerika Serikat akan melakukan pengujian. Dikutip dari Reuters sebagaimana ditulis Antara Sabtu (15/2/2020), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) akan  memulai pengujian virus corona di lima negara bagian melalui sistem pengawasan influenza musiman.

Badan tersebut mengatakan sedang bekerja sama dengan laboratorium kesehatan masyarakat di Los Angeles, San Francisco, Seattle, Chicago dan New York City untuk mulai menguji kasus-kasus COVID-19. Laboratorium di kota-kota itu sedang menguji flu musiman.

“Pasien penderita masalah pernapasan mirip flu, yang dites negatif, akan diuji untuk virus corona baru,” kata Nancy Messonnier, direktur Pusat Nasional untuk Imunisasi dan Penyakit Pernapasan, kepada para wartawan melalui telepon.

Menurut badan tersebut, sejauh ini Amerika Serikat hanya memiliki 15 kasus virus corona, termasuk dua contoh penularan dari manusia ke manusia.

Strategi yang diterapkan CDC saat ini untuk memerangi virus tersebut antara lain berupa karantina serta pembatasan perjalanan. Namun, langkah-langkah itu bisa berubah jika virus tersebut tetap bertahan di Amerika Serikat dan mulai menyebar.