close

YOGYAKARTA, MENARA62.COM — Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merilis jurnal Audiens, Kamis (12/3/2020). Berbeda dengan jurnal-jurnal yang ada sebelumnya, jurnal Audiens dikhususkan untuk mahasiswa.

Umumnya karya skripsi atau bagian dari skripsi yang ditulis ulang dalam format artikel jurnal hanya dipublikasikan di repository yang tidak ada proses review. Di Jurnal Audiens, semua karya artikel yang masuk (submit) harus mengikuti mekanisme review. “Proses review yang dialami oleh mahasiswa saat mengirimkan artikel adalah bagian dari usaha menumbuhkan atmosfer akademik di kampus, sekaligus mendorong semakin banyaknya publikasi,” terang Fajar.

Sebelumnya, program studi Ilmu Komunikasi UMY secara rutin menerbitkan Jurnal Komunikator yang telah terakreditasi dan berbahasa Inggris. “Jurnal Audiens memang difokuskan untuk mewadahi mahasiswa dalam publikasi ilmiah,” jelas Dr. Fajar Junaedi, editor in chief Jurnal Audiens. “Artikel yang ada di jurnal ini berasal dari mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY dan kampus-kampus lain,” tambah Fajar.

Sebanyak lima belas artikel terbit di volume dan nomor perdana Jurnal Audiens. Artikel-artikel ini bisa diakses di https://journal.umy.ac.id/index.php/ja/index (Fajar J.)