close

PALEMBANG, MENARA62.COM – Dalam Rangka menyukseskan Musyawarah Wilayah XVI Pemuda Muhammadiyah Sumatra Selatan, sebanyak 500 peserta berangkat menuju Palembang untuk mengikuti Musywil dengan tema “Meneguhkan Identitas Dakwah Membentuk Generasi Muhammadiyah Berkemajuan.” Acara berlangsung pada Selasa (26/12/2019).

Kegiatan Musywil sendiri dilaksanakan dari tanggal 26 – 29 Desember 2019 di Palembang. Kegiatan ini akan diikuti oleh seluruh pengurus PWPM Sumsel dan sekitar 500 peserta dari Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten / Kota se-Sumatra Selatan.

Turut hadir dalam Acara ini Gubernur Sumsel, H. Herman Deru, Anggota DPRD Sumsel, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumsel, Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumsel, OKP Sumsel, Tokoh Masyarakat Sumsel, dan seluruh Pimpinan Ortom Muhammadiyah Sumatra Selatan.

Ketua PWPM Sumsel Zulfikar dalam sambutannya mengatakan, Muswil ini diharapkan berjalan langsung sesuai konstitusi organisasi Pemuda Muhammadiyah sehingga melahirkan kepengurusan berikutnya yang bisa menguatkan ideologi, memantapkan dakwah dan menjaga marwah Muhammadiyah. “Karena Muswil merupakan proses reorganisasi yang harapannya membangun sinergitas gerakan dakwah berkemajuan,” ujarnya.

Menurutnya, Muswil tak sekadar pemilihan ketua. “Arti penting Muswil ini menjadi ajang konsolidasi dan silaturahim kader Ortom Islam terbesar di Sumsel ini,” tuturnya.

Sedangkan Ketua PPM Sunanto mengingatkan, laksanakan Muswil ini segembira mungkin. Memilih pemimpin untuk bergembira, musyawarah untuk silaturahmi. Dikarenakannya, Pemuda Muhammadiyah sebagai organisasi kepemudaan yang ingin memberikan sumbangsih memajukan untuk bangsa dan negara. “Pak Gubernur jangan khawatir, kader Muhammadiyah ikhlas berjuang untuk bangsa melalui persyarikatan. Pemuda Muhammadiyah dapat menjadi mitra ekonomi, pergerakan intelektual,” ujarnya.

Sunanto berpesan, Kader Pemuda Muhammadiyah diingatkan jangan tertutup terhadap kemajuan. Siapkan gagasan demi kemajuan bersama. ”Berbeda pilihan itu biasa, tapi kita tetap saudara, pemuda jangan sampai terpecah belah, bermuswillah sesuai dengan Tatib yang berlaku,” ujarnya

Senada diungkapkan Ketua PWM Sumsel Prof. Dr. Romli, M.A., Muswil merupakan ketentuan organisasi yang harus dipatuhi. Dia ingin Pemuda Muhammadiyah sebagai kader yang mampu bekerja sama dan membantu gubernur untuk memajukan Sumsel. ”Setelah Muswil akan ada Musda, Muscab, dan Musran. Untuk itu lakukan segera konsolidasi agar dapat kuat dan solid. Selamat bermuswil semoga sukses,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru menyebutkan, Muhammadiyah merupakan sosok yang intelektual, Muhammadiyah dapat bergaul dengan siapapun. Perkembangan kemajuan Muhammadiyah di Sumsel cukup signifikan kepercayaan masyarakat tumbuh pesat ke Muhammadiyah.

“Kita apresiasi kepada PWPM yang melaksanakan Muswil. Bagian dari Muswil sebagai bahan evaluasi kegiatan program dan kembali menyusun program yang akang datang,” katanya.

Herman Deru menyebutkan, Pemuda harus ikut andil membangun bangsa khususnya Sumsel dan menghasilkan kinerja yang konkret. Pemuda juga harus memiliki produk unggul. ”Saya ajak Pemuda Muhammadiyah untuk ikut menggerakkan perekonomian, ada program bantuan dari pusat yang dapat dikelola,” ujarnya.

Dalam Musywil ini, Pemuda Muhammadiyah Lahat akan turut menentukan perwakilan 11 formatur yang akan mendapat kuasa untuk menentukan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Sumatra Selatan periode 2018-2022.

Ketua PDPM Lahat, Emil Asy Ary, menjelaskan bahwa akan banyak bentuk kegiatan dihadirkan dalam Musywil kali ini.

“Jadi dalam Musywil ini kita akan mengikuti banyak kegiatan. Diantaranya Rapimwil, Seremonial Pembukaan, Seminar Kebangsaan, Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban PWPM, dan Agenda puncaknya pemilihan Formatur PWPM Periode 2018–2022,” ujar Emil Asy Ary menjelaskan.

Hal senada juga disampaikan oleh Komandan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Dan KOKAM) Kabupaten Lahat Jumra Zefri, dimana pasukan KOKAM Kabupaten Lahat juga akan ikut andil dalam mengamankan perjalanan susessnya kegiatan Musywil Pemuda Muhammadiyah Sumatera Selatan.

“Insyaallah pasukan KOKAM kita akan turunkan juga membantu pasukan KOKAM Wilayah Sumsel dalam mengamankan berjalannya Musywil Pemuda Muhammadiyah Sumsel di Palembang,” jelasnya.