close

JAKARTA, MENARA62.COM– Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia SSos, dalam sambutannya yang dibacakan Irarmabar Kolonel Laut (P) Hargianto SE MM, menyampaikan, reviu laporan keuangan oleh Itjenal merupakan bentuk upaya Mabesal dalam pengawasan terhadap jajaran Kotama dalam penggunaan anggaran, khususnya Koarmabar dalam melaksanakan program dan anggaran sesuai ketentuan yang berlaku. Melalui reviu diharapkan apa yang menjadi temuan dapat dijadikan evaluasi untuk kebaikan Koarmabar yang akan datang.
Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia SSos, diwakili Inspektur Koarmabar (Irarmabar) Kolonel Laut (P) Hargianto SE MM, menerima Tim Reviu Laporan Keuangan (Lapku) dari Inspektorat Jenderal dan Perbendaharaan Angkatan Laut (Itjenal) yang dipimpin Kolonel Laut (S) Arief Muchtarom SE MSi (Han) beserta tujuh orang Perwira, di gedung Nanggala, Markas Komando (Mako) Komando Armada Barat (Koarmabar), Jakarta, Rabu (25/1).
Lebih lanjut, Pangarmabar memerintahkan jajarannya untuk bekerjasama dengan Tim Reviu demi kelancaran tugas bersama dan segera menindaklanjuti serta melaksanakan perbaikan-perbaikan atas temuan Tim Reviu, supaya tercipta postur organisasi Koarmabar yang lebih baik dan sehat, guna mendukung Rencana Strategis (Renstra) TNI Angkatan Laut yang saat ini diwujudkan dengan pengembangan TNI Angkatan Laut yang bervisi world class navy, pintanya.
Sementara itu, Inspektur Pembinaan (Irbin) Itjenal Laksamana Pertama TNI Sunaryo yang dibacakan Ketua Tim Reviu mengatakan, reviu merupakan penelaahan dan penelusuran atas penyelenggaraan akuntansi dan penyajian laporan keuangan dalam hal ini TNI Angkatan Laut oleh aparat pengawasan intern yang berkompeten, untuk memberikan keyakinan terbatas bahwa akuntansi telah diselenggarakan berdasarkan sistem akuntansi pemerintahan dalam upaya membantu pimpinan untuk menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas, kata TNI Sunaryo.
Adapun objek reviu antara lain penerimaan KOP/P-3 tahun 2016 dan DIPA petikan Satker daerah. Laporan SAIBA, LRA, neraca, LO, LPE, neraca percobaan, buku besar, BAR dengan KPPN, dokumen SPM dan SP2D per-31 Desember 2016. Laporan Simak BMN, persediaan, intra dan ekstra komtabel Simak BMN. Laporan pelaksanaan anggaran DIPA petikan Satker pusat dan Satker daerah. Laporan PNBP pelayanan umum dan BPJS, laporan pekerjaan potensi lintas tahun 2016. Laporan kemajuan administrasi fisik pengadaan barang jasa per-31 Desember 2016, laporan hibah uang maupun barang tahun 2016. Laporan pemanfaatan asset oleh pihak ke-3 atau Kopal tahun 2016. Tindak lanjut temuan BPK RI, Itjen Kementerian Pertahanan, Itjen TNI dan Itjenal serta dokumen sumber lainnya.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para Asisten Pangarmabar serta para Kepala Dinas/Kepala Satuan Kerja Koarmabar.(Putra)