Poltekkes Jakarta 2 (ist/poltekkes)
close

JAKARTA, MENARA62.COM – Kementerian Kesehatan membuka Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kesehatan) tahun 2020. Pendaftaran dilakukan secara online mulai 14 Februari hingga 13 April 2020.

“Bagi masyarakat yang berminat melanjutkan ke Poltekkes Kesehatan, silakan mulai mendaftarkan diri,” kata Kepala Badan PPSDM Kemenkes Prof Abdul Kadir, Kamis (13/2/2020).

Tahun ini Sipenmaru Poltekkes dilakukan berbeda dengan tahun sebelumnya. Perbedaanya antara lain, pendaftaran dilakukan secara online dan digelar secara bersama-sama untuk seluruh Poltekkes yang ada di Indonesia.

Selain itu, Kemenkes juga mulai memberlakukan standar yang sama dalam Sipenmaru Poltekkes. Standar tersebut berlaku untuk sistem pendaftaran, persyaratan, mekanisme test, mekanisme penentuan kelulusan dan standar kelulusan.

“Selama ini Sipenmaru Poltekkes belum menggunakan standar yang sama. Akibatnya, terjadi disparitas mutu yang lebar antar Poltekkes Kemenkes,” lanjut Abdul Kadir.

Disparitas mutu salah satunya karena adanya perbedaan input dan proses pendidikan yang dilaksanakan sehingga menghasilkan output dan outcome yang berbeda pula.

Menurut Abdul Kadir, upaya menstandarisasi pelaksanaan Sipenmaru Poltekkes menjadi sangat penting. Langkah standarisasi itu akan dilakukan melalui Sipenmaru bersama (SI-MAMA).

Tujuan dari SI-MAMA adalah mendapatkan mahasiswa baru yang berkualitas dan tersandar nasional.

SI-MAMA ini lanjut Abdul Kadir akan dilakukan secara online secara bersamaan untuk seluruh Poltekkes yang berjumlah 38. Pengembangan infrastruktur SI-MAMA ini atas upaya Pusat Pendidikan Badan PPSDM Kesehatan dan juga dukungan pihak lain.

Adapun jadwal SI-MAMA, diawali dengan pendaftaran pada 14 Februari 2020 sampai 13 April 2020. Lalu jadwal pelaksanaan ujian tulis pada 22 April 2020 dan pengumuman penerimaan pada 4 Mei 2020.

Saat ini Poltekkes Kemenkes memiliki 480 program studi yang tersebar pada 38 institusi dari Aceh hingga Papua. Sedang jumlah lulusan untuk semua jenjang sekitar 28.798 orang.