Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau ruang logistik untuk tenaga medis di Hotel Grand Cempaka. (ist/ppji)
close

JAKARTA, MENARA62.COM  – Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) mengambil peran aktif dalam penanganan wabah COVID-19. Bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta, organisasi yang menaungi para pelaku usaha dibidang jasaboga tersebut akan menyuplai makanan (konsumsi) untuk seluruh tenaga medis yang terlibat pada penanganan COVID-19.

“Kami secara khusus mengucapkan terimakasih kepada para pengusaha jasaboga yang tergabung dalam Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia yang turut ambil bagian dalam penanganan COVID-19 dengan menyuplai makanan bagi tenaga medis yang kami tampung di 4 hotel,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis (26/3/2020).

Selain PPJI, Gubernur Anies mengatakan berbagai pihak turut membantu menyediakan logistic makanan seperti Foodstation Jakarta, Susu Diamond, Bank DKI, Terra Restaurant, dan dari individu seperti Ibu Juliana. Sedang Dompet Dhuafa dan Pasar Jaya menyediakan bilik disinfektan. Pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyampaikan terima kasih atas kolaborasi ini.

Gubernur Anies melihat kesiapan kamar di hotel Grand Cempaka. (ist)

“Jangan biarkan tenaga medis bertarung sendirian di garda terdepan. Ini kerja bersama, kerja kolosal dan semua perlu terlibat. Mari kita dukung, mari kita bantu,” ujar Gubernur Anies.

Sementara itu, Ketua Umum PPJI Irwan Iden Gobel mengatakan selama masa tanggap darurat COVID-19, pihaknya akan menyuplai kebutuhan makan bagi tenaga medis yang terlibat dalam penanganan COVID-19, terutama yang berada di 4 hotel yang dijadikan tempat tinggal sementara tenaga medis tersebut.

“Suplai natura makanan kami kirim ke satu pintu yakni Hotel Grand Cempaka,” kata Iwan Iden Gobel.

Bantuan natura yang diserahkan PPJI diantaranya adalah beras, minyak goreng, telur, gula, terigu, buah dan lainnya.

Ketua DPD PPJI DKI Jakarta Siti Djumiadini mengatakan pada meeting yang melibatkan sejumlah pihak di Grand Cempaka, disepakati bahwa para medis yang ditampung di 4 hotel milik Pemrpov DKI Jakarta akan ditanggung seluruh kebutuhannya mulai dari makan, transportasi dan tempat tinggal sementara.

Gubernur Anies meninjau kesiapan hotel Grand Cempaka sebagai tempat tinggal sementara tenaga medis penanggulangan COVID-19 (ist)

“Kami berharap keterlibatan PPJI memberikan manfaat bagi para medis yang saat ini menjadi garda depan penanganan COVID-19,” kata Dini.

Bagi masyarakat yang ingin berpartispasi aktif dalam penggalangan donasi makanan untuk tenaga medis Satgas Penanggulangan COVID-19 di DKI Jakarta, bisa menghubungi Nena (081280992559) atau  Fenty (08161905332). Atau jika dalam bentuk dana bisa dikirim ke rekening atas nama DPD Apji DKI Jakarta bank BTN no. 00678.01.30.000021.0.

Selain Hotel Grand Cempaka, tenaga medis Satgas Penanggulangan COVID-19 juga akan ditampung di 3 hotel lainnya milik Pemprov DKI Jakarta. Tenaga kesehatan yang terdiri atas dokter, perawat dan lainnya tersebut berjumlah sekitar 1.047 orang.