close

PURWOKERTO, MENARA62.COM — Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein didampingi Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Dr. Anjar Nugroho dan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, serta Ketua Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah Drs. Tafsir, M.Ag., meresmikan Jl. K.H. Ahmad Dahlan yang berada di komplek kampus 1 Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Ahad pagi (19/1/2020).

Proses peresmian yang dilakukan di Perempatan Dukuhwaluh ini dihadiri oleh perwakilan Kapolresta Banyumas, Kodim 0701 Banyumas, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Dr. Ibnu Hasan, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kementrian Agama Republik Indonesia Kabupaten Banyumas.

Usai peresmian dilanjut dengan mbecak bareng oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Rektor UMP, Bupati Banyumas beserta tamu undangan lainnya disepanjang jalan tersebut.

Jl. K.H. Ahmad Dahlan ini meliputi jalan raya Karangsari, jalan Raya Karangsoka, jalan Raya Dukuhwaluh dengan jarak dari Tugu Larangan ke Barat sampai perempatan Dukuhwaluh 2.174 meter dengan lebar jalan 6 meter.

Rektor UMP, Dr. Anjar Nugroho menjelaskan sebelumnya jalan yang diberi nama Jalan KH Ahmad Dalan ini belum ada namanya, masayarakat hanya menyebutnya jalanĀ  Raya Dukuhwaluh. “Namun setelah diskusikan oleh tim yang disampaikan ke bupati diberi nama Jalan KH Ahmad Dahlan dengan tujuan untuk mensosialisasi tokoh bangsa, dan menghormati jasanya,” kata Anjar.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan pemberian nama Jalan KH Ahmad Dahlan sangat setuju dan mensuport, karena Ahmad Dahlan sudah berjasa dan harus dihargai dengan nama jalan. “Jalan KH Ahmad Dahlan sudah resmi sudah ada surat keputusannya,” jelas Achmad Husein.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Haeder Nashir, menambahkan KH Ahhmad Dahlan bukan hanya milik Muhammadiyah tapi milik bangsa. Maka untuk menghormati jasanya dan demi semangat persatuan maka tepat nama pahlawan nasional KH Ahmad Dahlan untuk nama jalan. (tgr)