Ketua LTMPT Prof Mohammad Nasih. (ist)
close

JAKARTA, MENARA62.COM – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 resmi dibuka, Jumat (14/2/2020). Siswa SMA kelas XII dapat mendaftarkan diri melalui online yang tersedia.

“Pendaftaran calon peserta SNMPTN dibuka hingga tanggal 27 Februari 2020 pukul 23:59 WIB,” kata Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Mohammad Nasih dalam siaran persnya.

Prof Nasih meminta siswa yang memenuhi syarat dan berminat mengikuti seleksi SNMPTN atau jalur prestasi ini segera mendaftarkan diri dengan memperhatikan kerangka waktu pendaftaran yang dijadwalkan panitia.

Adapun langkah mendaftar SNMPTN 2020, pertama siswa melakukan login melalui Portal LTMPT di laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun LTMPT yang telah dibuat sebelumnya.

Langkah selanjutnya, siswa memilih menu pendaftaran SNMPTN kemudian mengisi pilihan PTN dan pilihan program studi. Pilihan paling banyak dua program studi, dengan alternatif pemilihan yakni memilih dua program studi dalam satu PTN, memilih masing- masing satu program studi dari dua PTN, dan memilih hanya satu program studi pada satu PTN.

Kemudian, siswa yang memilih program studi seni dan olahraga harus mengunggah dokumen portofolio sesuai program studi pilihannya. Contoh portofolio tersedia di laman Pendaftaran SNMPTN.

“Bagi siswa yang memiliki dokumen prestasi bisa mengunggah dokumen prestasi tambahan,” lanjut Prof Nasih.

Setelah itu, siswa diminya melengkapi isian data diri, identitas orang tua, dan data ekonomi keluarga. Siswa yang memiliki ketunaan juga diminta mengisi data ketunaan.

Langkah selanjutnya adalah siswa menyetujui Pernyataan Keikutsertaan SNMPTN dengan memberi tanda centang pada kolom yang tersedia.

Terakhir, siswa melakukan finalisasi pendaftaran dan dilanjutkan dengan mencetak Kartu Tanda Peserta sebagai bukti Peserta SNMPTN 2020. Setelah finalisasi dan cetak kartu, siswa tidak bisa melakukan perubahan data dengan alasan apa pun.

Pendaftaran dinyatakan selesai setelah siswa melakukan pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN. Siswa yang tidak melakukan pencetakan Kartu Tanda Peserta, dianggap tidak menyelesaikan pendaftaran dan tidak diikutsertakan pada Seleksi SNMPTN 2020.