close

YOGYAKARTA, MENARA62.COM — Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan workshop penulisan esai bagi pelajar dalam rangka milad ke-39 (15/2/2020). Workshop yang dilaksanakan di Kafetaria Muda Mendunia ini diikuti oleh 24 pelajar dari Yogyakarta dan Jawa Tengah. Para peserta secara antusias mengikuti workshop yang diisi oleh Yamadipati Seno, redaktur Mojok.

“Saat penulisan esai sebaiknya kita menulis yang pendek. Tulisan yang bagus adalah susunan kalimat pendek yang tidak perlu dibaca dua kali untuk memahami maknanya,” terang Seno. Seno menambahkan bahwa menulis bukan cuma aktivitas mengetik. Ia melibatkan tantangan untuk menyusun gagasan secara rapi, terstruktur, dan sistematis. Ini akan membentuk bukan cuma skill menulis, melainkan juga skill berpikir.

Panitia pelaksana kegiatan, Dr. Fajar Junaedi menambahkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyemai literasi di kalangan pelajar. Setiap peserta menulis satu esai yang akan didampingi oleh Yamadipati Seno, Dr. Fajar Junaedi dan Dr. Ahmad Sahide (dosen UMY), serta tim mahasiswa dari pers kampus Nuansa.

“Esai karya pelajar akan dikompilasi, disunting dan diterbitkan sebagai buku karya pelajar, yang sekaligus sebagai kado milad UMY,” jelas Fajar tentang luaran dari kegiatan workshop. (Fajar)