Jemaah umroh asal Bogor yang sempat terisolasi akaibat banjir dan longsor. (ist/bnpb)
close

BOGOR, MENARA62.COM – Setelah selama 9 hari terisolir akibat bencana banjir dan longsor, akhirnya 35 jemaah umroh asal kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor bisa berangkat ke Tanah Suci, Sabtu (18/1/2020). Para jemaah tersebut dibantu oleh BNPB dan TNI serta lembaga lain untuk menuju bandara Soekarno Hatta.

“BNPB bersama TNI dan lembaga lainnya, berinisiatif, memfasilitasi dan memberikan bantuan transportasi menggunakan bus BNPB untuk penjemputan bagi para jamaah umroh tersebut dari Bogor menuju ke Bandara Soekarno Hatta,” jelas Kepala Pusdalops BNPB, Bambang Surya Putra dikutip dari laman bnpb, Ahad (19/1/2020).

Rombongan jamaah umroh dilepas dari terminal Leuwiliang, Kabupaten Bogor, untuk menuju Bandara Soekarno Hatta.

Dalam sambutannya, Kepala Pusdalops menyampaikan bahwa, umroh tidak bisa dimundurkan waktunya, karena jadwal yang ketat dari maskapai penerbangan, maupun visa.

Kebanyakan dari mereka adalah para penyintas yang penghidupannya dari bertani, berkebun, berternak dan sebagian berdagang. Mereka menabung bertahun-tahun, saat ini kebanyakan dari mereka tanpa penghasilan yang pasti dan tabungannya kian menipis, akibat terdampak bencana banjir dan longsor.

“Bantuan dari BNPB dan TNI tidak seberapa, hanya menyediakan transportasi bus. Serta helikopter yang standby untuk antisipasi pengangkutan jika cuaca memburuk. Bus mengantarkan para jamaah dari Bogor ke Bandara Soekarno Hatta.

“Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban penderitaan yang mereka alami akibat bencana,”jelas Bambang.

Lebih lanjut Kepala Pusdalops BNPB berpesan, agar para jemaah umroh berdoa untuk keselamatan negeri ini. “Kami hanya titip do’a kepada para tamu Alloh, agar fenomena alam yang terjadi tidak menjadi bencana besar di Indonesia. Dan semoga kita dijauhkan dari bencana” ucapnya.

Sementara itu, Anna Tarigan salah satu tim penyintas dari Tagana, menyampaikan rasa harunya.

“Terima kasih yang tak terhingga kami ucapkan kepada tim BNPB dan semua pihak, yang telah membantu saudara-saudara kita yang terisolasi selama kurang lebih sembilan hari, dan sekarang bisa menuju ke tanah suci, untuk menunaikan ibadah umroh,” katanya.