close

MENARA62.COM Suradadi Kabupaten Tegal  , Gerakan Literasi Sekolah sebagai gerakkan yang dapat diterapkan di setiap sekolah. Gerakan Literasi Sekolah adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. SMK Famuba berbagi untuk pengembangan gerakan literasi sekolah di SMP Muhammadiyah Suradadi pada 24 Februari 2020. Di sambut oleh Kapsin selaku  Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Surardadi.

Menurut Hendra Apriyadi,M,Pd selaku waka kurikulum SMK Famuba mengatakan, Kegiatan literasi harus  rutin dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik. Selain itu Hendra menayangkan video singkat tentang Gerakan Literasi di SMK Muhammadiyah Lebaksiu ( Famuba) memiliki 4 Kompetensi keahlian yaitu Farmasi, Analis Kesehatan, Akuntansi, Administrasi Perkantoran. Para siswa terdiri dari kelas XI yang siap melanjutkan di SMK Famuba.  Karena memiliki program kreatif dan sekolahan yang unggul.

Gerakan Literasi Sekolah ini merupakan upaya menyeluruh yang melibatkan semua warga sekolah baik guru, peserta didik, orang tua/wali murid, dan masyarakat, sebagai bagian dari ekosistem pendidikan.  Guru sebagai penggerak untuk memberikan motifasi agar para siswa semangat berkarya. Ajak siswa  berkunjung ke perpustakaan adalah contoh program gerakan literasi yang pertama yang bisa dilaksanakan di sekolah. Program ini bisa diimplementasikan dengan cara menyusun jadwal sedemikian rupa sehingga setiap kelas bisa mengunjungi perpustakaan. ” Tandasnya.

Menurut kapsin selaku kepala sekolah SMP Muhammadiyah Surardadi, Mengapresiasi atas kegiatan yang di selenggarakan SMK Famuba memberikan sosilaisasi yang di kemas dengan kegiatan yang menarik sehingga para siswa termotifasi untuk melanjukan ke  sekolah yang lebih tinggi. Selain itu Hendra Apriyadi juga memberikan pelatihan singkat pada para guru SMP Muhammadiyah Suradadi yaitu membuat Flayer Digital dan cara menulis kegiatan sekolah di media online, “ Ungkap Kapsin.