seminar nasional dalam rangka 1 dekade HW di UMS
close

SURAKARTA, MENARA62.COM – Dalam rangka menyukseskan Milad I Dekade Hizbul Wathan Kafilah Penuntun Moh Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta mengadakan seminar nasional terkait limbah plastik, Rabu (22/1/2020). Kegiatan yang berlangsung di auditorium Moh Djazman UMS tersebut menghadirkan sejumlah narasumber tingkat nasional.

“Seminar nasional ini mendatangkan berbagai narasumber, seperti Ir Sinta Saptarina S,M.Sc dari Kementrian Lingkungan  Hidup dan Kehutanan, Dr Ane Permatasari,S.IP,M.A dari Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah serta Gamal Albinsaid selaku CEO Indonesia Medika,” kata Arif selaku ketua panitia.

Dari 500 peserta yang hadir, sekitar 350 peserta mendaftarkan diri secara online, yang dibuka beberapa pekan sebelumnya.

Menurut Arief seminar yang bersifat non profit ini bertujuan mengedukasi masyarakat serta mahasiswa UMS terkait pencemaran limbah dan pelestarian lingkungan. Materi tersebut berkaitan erat dengan apa yang menjadi perhatian HW selama ini.

“Bukti bakti kita pada negeri sebab Indonesia adalah peringkat ke-dua sebagai  produsen sampah plastik. Sehingga harus ada pengelolaan sampah yang baik, ada goal yang kita capai bagaimana mewujudkan pengelolaan sampah dlkampus untuk mengurangi sampah plastik,” tambah Arif

Diakui, hadirnya komunitas UMS cantik tanpa plastik serta jagongan sampah yang diadakan setiap minggu dapat memberikan gebrakan yang nyata bagi mahasiswa agar lebih mengurangi penggunaan plastik.

Selain seminar nasional, milad 1 dekade HW juga diisi dengan kegiatan clean up campus, sarasehan, resepsi milad dan launching kalaedoskop serta pameran olahan limbah.