close

JAKARTA, MENARA62.COM– TNI menjadi mitra kerja yang sangat potensial bagi pembangunan kependudukan di Indonesia. Melalui program Baksos TNI KB-Kesehatan yang digelar sejak puluhan tahun lalu, terbukti TNI mampu berperan dalam penurunan angka kelahiran rata-rata (TFR), mampu menjangkau akseptor KB lebih luas dan lainnya.

Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty mengapresiasi komitmen TNI yang sangat tinggi terhadap program kependudukan.

“Keterlibatan TNI dalam program KB telah membuat Indonesia mampu menekan angka kelahiran dari 5,6 per wanita subur pada 1970 menjadi 2,6 pada tahun 2000,” kata Surya, Rabu (05/04/2017).

Selain itu keterlibatan TNI juga berdampak terhadap peningkatan pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan, dan perekonomian.  Sehingga Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera melembaga dengan baik dan dapat mencegah kelahiran yang tidak diinginkan sebanyak 80-100 juta jiwa.

Diakui Surya program Baksos TNI KB-Kes tidak hanya terfokus pada pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi semata. Namun juga meliputi kegiatan prioritas yang berkaitan dengan masalah Kependudukan, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga.

Menurut Surya, perkembangan Program KKBPK sangat dinamis dan sangat dipengaruhi oleh berbagai perubahan lingkungan strategis. Pada era desentralisasi saat ini, mekanisme operasional program KKBPK relatif belum berjalan secara optimal. Persoalan-persoalaan seperti terbatasnya kuantitas dan kualitas tenaga lini lapangan, infrastruktur program KKBPK terutama di wilayah tertinggal, terpencil dan perbatasan dan dana operasional lini lapangan merupakan dinamika program KKBPK yang membutuhkan penyelesaian sesegera mungkin.

Untuk mengatasi hal tersebut saat ini TNI telah membantu BKKBN dengan melibatkan Babinsa sebagai tenaga penggerak dan motivator di lapangan. Dengan adanya pemaduan dan integrasi kegiatan yang sinergis dengan TNI dan lintas sektor lain, baik lembaga eksekutif dan legislatif daerah, LSM, sektor swasta serta tokoh agama dan masyarakat maka setidaknya dapat memperkuat kembali program KKBPK di lapangan.

Surya juga menegaskan, bahwa kegiatan momentum seperti Baksos TNI KB-Kesehatan merupakan kegiatan strategis yang dapat menjangkau sasaran sampai dengan daerah-daerah terpencil dan tertinggal. Dengan keterlibatan TNI sekaligus juga mendekatkan pelayanan program KKBPK kepada masyarakat untuk menjaga kualitas pelayanan dan kelangsungan ber-KB.